Pemkab Kubu Raya Terima 300 APD dari Persit XII/Tanjungpura

Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendapat bantuan 300 unit alat pelindung diri (APD) berupa face shield atau pelindung wajah dari Pengurus Persatuan Istri Tentara (Persit) XII/Tanjungpura.

Bantuan diserahkan Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XII/Tanjungpura Brigjen TNI Alfred Denny Tuejeh kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Marijan di Aula Makodam XII/Tanjungpura, Kamis (9/4). Sekretaris Daerah Yusran Anizam mengatakan, bantuan tersebut akan segera diteruskan ke rumah sakit daerah dan 20 puskesmas di Kubu Raya.

“Atas nama masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Kubu Raya kami mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian dari Kodam dan ibu-ibu Persit XII/Tanjungpura. Ini luar biasa dan sangat bermanfaat bagi teman-teman medis yang berada di garda terdepan di dalam pelayanan penanganan Covid-19 atau virus corona ini,” ujarnya.

Yusran mengatakan bantuan APD face shield sangat penting bagi tenaga medis. Sebab face shield adalah kontrol infeksi yang memberikan perlindungan di area wajah. Face shield ini melingkupi wajah hingga telinga sehingga dapat mencegah paparan droplet atau percikan dari pasien.

Baca Juga:  Libur Panjang, Dandim 1203/Ktp, Ketua Persit KCK Cabang XLVII Kodim 1203 Imbau Di Rumah Saja

“Frame ini juga menutup bagian wajah secara menyeluruh hingga sampai menutupi bagian telinga. Ini menjadi standar medis untuk menghindarkan percikan droplet dari pasien,” jelasnya.

Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Alfred Denny Tuejeh mengatakan pihaknya menyadari ketersediaan APD sangat terbatas. Karena itu, Pengurus Persit XII/Tanjungpura berupaya bagaimana bisa membantu pemerintah dan masyarakat daerah Kabupaten kubu Raya untuk menyediakan APD.

“Ini untuk sementara disiapkan 300 APD yang kita serahkan kepada pemerintah daerah dan sekretaris daerah yang nanti akan mengatur distribusinya kemana,” ujarnya.