20 ABK KM Orion Star Diperiksa KKP Kendawangan

  • Whatsapp

Delikcom, KENDAWANGAN – Kantor Karantina dan Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendawangan Kabupaten Ketapang bersama Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kendawangan pada Sabtu (11/4) melakukan tes screanning diposisi cek poin kolam pelabuhan Kendawangan terhadap Nakhoda KM Orion Star bersama 20 ABK lainnya.

Menurut Sajiman dari KUPP Kelas III Kendawangan mengatakan bahwa KM Orion Star bermuatan pupuk dari Gresik tujuan Kendawangan ini telah dilakukan screanning sesuai protokol kesehatan dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19.

“Adapun hasil pemeriksaan Nakhoda dan 20 ABK yang di tes screanning terdapat salah satu ABK yang berinisial MKD jabatan Komprador yang mempunyai suhu 37,5 derajat Celsius,” jelasnya, Sabtu (11/4).

Lebih lanjut dikatakan Sajiman, tindakan yang akan dilakukan sementara oleh pihaknya bersama KKP bahwa kapal tersebut akan dikarantina dan dilokalisir bersama 20 ABK.

“Selama dikarantina itu tidak boleh satu pun ABK yang boleh turun ke darat dan segala bentuk kebutuhan logistik kapal akan disuplai atau disediakan oleh agennya,” kata Sajikan.

Ditambahkannya pula selama kapal bersama 20 ABK dikarantina, petugas dari KKP Kendawangan akan terus memonitor dan memantau perkembangan ke 20 ABK KM Orion Star dan apabila ada perkembangan penurunan suhu badan salah satu ABK maka pihak KKP akan merekomendasikan ke Syahbandar untuk memberikan pelayanan kepelabuhan sebagaimana mestinya.

“Namun sebaliknya apabila temperatur suhu ABK tersebut mengalami peningkatan dengan diiringi gejala batuk dan pilek maka pihak KKP akan melakukan tindakan medis, serta akan dilaporkan kepada Tim Penanganan COVID-19 Kecamatan Kendawangan untuk memperoleh surat rujukan dari Puskesmas Kendawangan guna pengisolasian dirumah sakit yang ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Dan selanjutnya pihak KKP juga akan melakukan penyemprotan disinfektan terhadap KM Orion Star,” ungkapnya. (Fendi’s)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait