PLN Kalbar Beri Bantuan Sembako Rp240 Juta Kepada Warga Kurang Mampu

Pontianak – Karyawan PLN Kalbar melalui Yayasan Baitul Mal (YBM) salurkan 800 paket sembako senilai 240 juta yang akan dibagikan kepada warga kurang mampu di Provinsi Kalbar. Proses pendistribusian bantuan tersebut akan dilakukan oleh Unit-unit Layanan PLN di masing-masing Kota dan Kabupaten .

Mengawali kegiatan tersebut, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalbar, Agung Murdifi, secara simbolis serahkan bantuan paket sembako untuk warga pemulung di jalan Budi Karya Komplek Waduk, Kecamatan Pontianak Selatan pada Minggu (12/4) pagi.

“Kami berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19,” ungkap Agung.

Menurutnya masing-masing unit layanan melakukan pendataan sehingga saat pendistribusian Unit sudah mengantongi data para Mustahiq yang akan menerima santunan. Dijelaskannya, Paket sembako yang akan bagikan masing-masing senilai 300 ribu rupiah, terdiri dari beras, minyak goreng, mie instan dan lainnya.

Agung juga mengatakan bahwa dana YBM murni berasal dari zakat profesi 2,5% dari total penghasilan, serta infak dan sedekah yang dipungut dari Karyawan Muslim tiap bulannya.
“Kami hanya menyampaikan amanah zakat, infak, dan sodaqoh para karyawan yang telah ikhlas menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk membantu mengurangi beban warga kurang mampu,” imbuh Agung.

Sementara menurut Sampurno (42), Ketua RT yang mewakili warga penerima bantuan mengungkapkan, kewajiban untuk berdiam diri di rumah ditengah pandemi Covid-19 tentunya berdampak sosial bagi siapapun, terutama bagi warga kurang mampu khususnya yang bekerja dan mendapatkan upah per hari untuk menyambung hidupnya.

“Bantuan dari YBM PLN ini sangat membantu meringankan beban kami yang sehari-harinya bekerja sebagai pemulung. Atas nama warga penerima bantuan saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, semoga amal ibadah seluruh karyawan PLN mendapat ganjaran pahala dari Allah Azza wa Jalla. Dan semoga PLN semakin sukses dalam melayani masyarakat,” kata Sampurno.

Senada, Ketua YBM PLN Kalbar, Andang Triwahyudi mengatakan, pihaknya juga telah menyerahkan santunan paket sembako kepada 2 Panti Asuhan di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya masing-masing senilai 10 juta rupiah.

Ditambahkannya, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, YBM PLN Kalbar bekerjasama dengan Rumah Zakat telah melakukan upaya penyemprotan disinfektan sebanyak 24 lokasi masjid, pondok pesantren, dan sekolah di Kota Pontianak dan Kubu Raya dengan total biaya yang dikeluarkan sebesar 24 juta rupiah.

Sumber: Humas PLN Persero UIW Kalbar