Dewan Bahas Penutupan Jalan Oleh Pihak Perusahaan

Delikcom, KETAPANG – Kunjungan komisi I DPRD Kabupaten Ketapang ke kecamatan Singkup dan Manis Mata Selain mendengarkan dan menampung kebutuhan di Posko Covid-19 juga membahas terkait keluhan masyarakat dengan adanya penutupan jalan oleh pihak perusahaan.

Ketua komisi I, Ismanto mengaku pihaknya juga banyak mendapat keluhan terkait penutupan jalan oleh pihak perusahaan. Yang mana jalan tersebut selama ini menjadi akses warga untuk dari dan menuju ke Ketapang.

Saat ini warga terpaksa harus menggunakan akses jalan lain dengan jarak tempuh yang lebih jauh dan memakan waktu yang cukup lama.

“Saya dan semua anggota sepakat kalau jalan tersebut ditutup maka jadi penghambat terlebih pada situasi Covid-19 ini. Seandainya ada pasien yang harus cepat dibawa ke rumah sakit rujukan di Ketapang, bisa memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu kita akan membawa keluhan ini ke Ketua dan agar Pemda segera berkoordinasi ke perusahaan agar membuka jalan tersebut,” pungkasnya, Kamis (16/4).

Ia berharap, pihak perusahaan bisa berlaku bijak agar tidak menutup jalan yang merupakan jalur transportasi yang sangat membantu walaupun berada dilingkungan areal perkebunan milik perusahaan.

Sementara itu, wakil ketua komisi I, Gusmani juga turut menyayangkan adanya tindakan yang dilakukan oleh salah satu perusahaan perkebunan yang menutup jalan yang digunakan masyarakat apalagi di saat kondisi seperti sekarang ini.

“Meskipun jalan tersebut berada dilingkungan perkebunan milik perusahaan namun jalan tersebut sangat di perlukan dan dinilai tidak berdampak dengan persoalan Covid-19 yang kita waspadai sekarang ini. Kalaupun demi keamanan dari areal perumahan karyawan tapi pihak perusahaan ada kebijakan memberikan solusi dengan menutup jalan yang berada didekat perumahan saja,” pintanya.

Gusmani meminta, perusahaan bisa bekerjasama dengan pemerintah karena tidak menutup kemungkinan pihak perusahaan juga melalui jalan alternatif lain yang bukan miliknya untuk kepentingan perusahaan itu sendiri. (wan)