Pasien Dengan Konfirmasi Positif Covid-19 Di Ketapang Bertambah Empat Orang

Delikcom, KETAPANG – Perkembangan pencatatan kasus konfirmasi Covid-19 untuk wilayah Kabupaten Ketapang pada Rabu, 22 April 2020 telah bertambah pasien dengan konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 4 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ketapang, Rustami menyampaikan bahwa jumlah pasien dengan konfirmasi positif covid-19 bertambah 4 orang sehingga total menjadi 5 orang.

“Data pasien dengan konfirmasi positif Covid-19 yaitu berjenis kelamin laki-laki sebanyak 3 orang dengan rincian umur 19 tahun, alamat Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan, umur 19 tahun, alamat Desa Sungai Kelik Kecamatan Nanga Tayap, umur 33 tahun, alamat Kelurahan Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan dan satu orang Perempuan, umur 34 tahun, alamat Kelurahan Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan,” kata Rustami pada saat konfrensi pers di Posko Covid-19 Ketapang, Rabu (22/4).

Rustami meminta kepada masyarakat agar melaporkan diri ke Posko Covid-19 Kabupaten Ketapang bagi pelaku perjalanan dari luar Kalbar dan bagi yang merasa pernah kontak dengan pasien Covid-19 konfirmasi.

“Untuk status Pasien Dengan Pengawasan (PDP) pada hari ini telah bertambah dan berjumlah 6 orang. Satu orang menunjukkan hasil rapid test reaktif dan akan dilakukan pengambilan swab hari ini. Sehingga total PDP sampai dengan hari ini berjumlah 32 orang yaitu dengan jenis kelamin laki—laki berjumlah 20 orang dan dengan jenis kelamin perempuan berjumlah 12 orang,” jelasnya.

Jumlah PDP sebanyak 32 tersebar di 7 kecamatan antara lain, Kecamatan Delta Pawan ada 6 orang, Nanga Tayap 7 orang, Benua Kayong 11 orang, Sungai Melayu Rayak 3 orang, Muara Pawan 1 orang, Marau 1 orang dan Sandai 3 orang.

Sementara itu untuk status Orang Dalam Pemantauan di Kabupaten Ketapang bertambah 69 orang karena sesuai dengan surat edaran gubernur tertanggal 13 april 2020 semua yang datang dari wilayah terjangkit tanpa gejala akan dijadikan ODP.

“Sehingga total ODP sampai dengan hari ini berjumlah 497 orang per tanggal 22 april 2020 dengan ODP selesai pantau berjumlah 112 orang yaitu dengan jenis kelamin laki—laki berjumlah 287 orang dan perempuan berjumlah 210 orang yang tersebar di 17 kecamatan, 55 desa/kelurahan,” tuturnya.

Rincian ODP se-kabupaten Ketapang antara lain Kecamatan delta pawan : 163 orang
Kecamatan Nanga Tayap : 47 orang
Kecamatan Benua kayong : 24 orang
Kecamatan Matan Hilir Selatan : 32 orang
Kecamatan Sungai Melayu Rayak : 60 orang
Kecamatan Kendawangan : 14 orang
Kecamatan Muara Pawan : 32 orang
Kecamatan Manis Mata : 7 orang
Kecamatan Sandai : 17 orang
Kecamatan Tumbang Titi : 6 orang
Kecamatan. Air Upas : 22 orang
Kecamatan Sungai Laur : 40 orang
Kecamatan Singkup : 7 orang
Kecamatan Matan Hilir Utara : 9 orang
Kecamatan Pemahan : 2 orang
Kecamatan Jelai Hulu : 2 orang
Kecamatan Simpang Hulu : 1 orang
Kecamatan Marau : 12 orang.

(wan)