Dinkes Ketapang Adakan 6.000 Rapid Test Secara Bertahap

Delikcom, KETAPANG – Sedikitnya 6.000 Rapid tes akan diadakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ketapang yang nantinya akan dipergunakan untuk melakukan rapid test secara luas dibeberapa wilayah yang ada di Kabupaten Ketapang. Dalam waktu dekat akan datang 1.000 Rapid Test di Ketapang.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Rustami, S.KM, M. Kes mengaku 1.000 rapid test yang datang nantinya akan langsung digunakan untuk dibeberapa wilayah hasil dari tracing beberapa cluster kasus yang ada di Ketapang, diantaranya Mulia Baru, Tuan-Tuan, At-taqwa, Muara Kayong, Sindor, Marau dan lainnya.

“Pengadaan rapid test bersumber dari anggaran Recofusing APBD Ketapang. Insya allah rapid test ini cukup, kami siapkan 6.000 hanya saja datangnya bertahap, dalam waktu dekat sekitar 1.000 rapid test akan datang,” jelasnya, Senin (27/4).

Rustami menjelaskan bahwa rapid test merupakan metode screning awal dengan sampel darah guna mendeteksi antibodi tubuh manusia namun hasil pemeriksaan screning tidak dapat dijadikan kepastian apakah virus corona ada apa tidak meskipun hasilnya positif lantaran bisa jadi yang terdeteksi antibodi terhadap virus lain.

“Tracing sudah dilakukan nanti dari tracing siapa saja yang kontak dengan pasien akan kita rapid test, ini guna memutus mata rantai penyebaran. Sebelumnya rapid test sudah dilakukan dibeberapa lokasi terhadap pihak-pihak sempat kontak dengan pasien dan hasilnya non reaktif termasuk rapid test terhadap tenaga medis baik di Puskesmas, Agoesdjam hingga di Dinkes juga non reaktif,” tuturnya.

Rustami menjelaskan, rapid test sendiri dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak waktu sekitar 10 hari dari rapid test yang pertama kali dilakukan.

“Itu sebabnya orang yang hasil rapid test reaktif perlu melakukan pemeriksaan swab baik melalui lendir hidung atau tenggorokan yang mana tes tersebut memerlukan waktu beberapa hari guna memastikan apakah positif atau negatif Covid-19,” ungkapnya. (Wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %