Peduli Sesama, Sampoerna Agro Group Bagikan Ribuan Paket Sembako Dan APD

Delikcom, KETAPANG – Dalam rangka mendukung Pemerintah untuk turut meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat wabah Covid-19 di Desa sekitar wilayah operasionalnya, Sampoerna Agro (group) melalui anak perusahaannya di Kabupaten Landak, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, telah mendistribusikan paket sembako sebanyak 2.540 paket bagi Keluarga kurang mampu.

Pendistribusian bantuan tersebar di 50 Desa dan 10 Kecamatan. Paket ini terdiri dari beras, mie instant dan minyak goreng.

Melalui kebun di Kabupaten Landak dan Bengkayang, perusahaan telah mendistribusikan 1.530 paket kepada warga di 29 Desa dan 6 Kecamatan.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Ketapang bantuan sembako sebanyak 1.010 paket kepada warga di 21 Desa dan 3 Kecamatan. puncak penyaluran sembako pada tanggal 30 April 2020 lalu telah di laksanakan di Desa Jambi, Sukaramai, Seguling dan Sungai Buluh Kecamatan Manis Mata dan Desa Danau Buntar Kecamatan Kendawangan, serta sebelumnya yang telah dilaksanakan di 21 Desa termasuk di sekitar Kecamatan Sandai dan Kecamatan Kendawangan.

Mewakili Manajemen Sampoerna Agro –wilayah Ketapang, melalui PT UAI, PT API bantuan diserahkan langsung oleh General Manager (GM), Fardomuan Aritonang dan Regional Head Plantation Support Kalimantan Ardansyah,S.Mn, M.Sos beserta tim.

Hal yang sama melalui PT Lanang Agro Bersatu (LAB) diserahkan oleh GM, Endy Marfad dan Manager PS, Purwoto beserta tim, sedangkan PT HKI para Estate manager dan Tim serta Community dan Social Manager Suhadi Tholib dan tim. Demikian juga dilaksanakan tim Landak Area yang difasiltiasi GM Daniel Hutasoit bersama tim.

Salah satu penerima bantuan paket sembako, Ibu Balon yang berasal dari Dusun Jambi Dalam- Desa Jambi Kecamatan Manis Mata mengucapkan terima kasih atas kepedulian Sampoerna Agro yang telah turut membantu meringankan beban hidupnya. “terus terang bantuan ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi keluarga kami saat ini,” tuturnya, Minggu (3/5).

Hal senada diungkapkan Camat Manis Mata, Leobenus Robert, S.Pd, M.AP, ”Kami melihat masih banyak warga kami yang profesi baik petani, nelayan dan buruh sangat terdampak wabah Covid-19, mengakibatkan mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Terimakasih kami sampaikan dan bersyukur sekali kepada Sampoerna Agro Perusahaan yang berinvestasi di wilayah Desa atau Kecamatan Manis Mata dan ikut meringankan beban hidup warga melaui bantuan sembako ini,” ucapnya.

Besama forkopimcam lainnya disetiap kecamatan, yakni pihak Polsek, Koramil dan unsur Puskesmas setempat dalam kesempatan itu juga warga terus diberikan himbauan tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan meminimalkan aktivitas di luar rumah yang tidak terlalu mendesak dan penting.

Ardansyah, S.Mn, M.Sos selaku Regional Head Plantation Support-Sampoerna Agro menuturkan bahwa upaya ini merupakan program CSR Perusahaan sebagai wujud solidaritas kepada masyarakat sekitar dan tentunya sejalan dengan himbauan dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten agar para pihak bersinergi dalam menghadapi wabah ini.

“Kita berharap bisa saling terus memberi nilai manfaat bersama”, imbuhnya.

Disamping menyerahkan bantuan Sembako, anak perusahaan Sampoerna Agro wilayah Ketapang (Perkebunan Sawit), bersama PT HKI (Perkebunan Karet), Perusahaan juga menyerahkan APD, hand sanitizer dan madu untuk para medis di RSUD Agoesdjam dan Rumah Sakit Fatimah – Kabupaten Ketapang.

“Seperti penyemporan disinfektan di Kecamatan Manis Mata dan Kecamatan Kendawangan di wilayah operasional PT UAI dan PT API, kami di sekitar konsesi PT HKI kecamatan Kendawangan juga melakukan deep cleansing dengan penyemprotan disinfektan ke Desa-Desa bekerjasama dengan unsur Pemerintahan, Kepolisian & TNI serta Puskesmas di sekitar”, pungkas Suhadi Tholib selaku Community & Social Manager PT. HKI. Sampoerna Agro Region Kalbar turut peduli Covid-19.

Disaat pembagian sembako Polsek Kendawangan dan Polsek Manis Mata sekaligus mensosialisasikan dan menghimbau kepada masyarakat agar jangan panik, jangan mudik dan jangan piknik dalam melawan pandemi covid-19. (wan)