Perbaiki Jalan Provinsi PT.RIM Ramai Diperbincangkan

Delikcom.com, AIR UPAS – Tingginya intensitas hujan saat ini membuat kondisi Jalan Provinsi Air Upas, Air Durian kian parah.

Beberapa kendaraan roda 4 dan roda 6 sempat bermalam, tak mampu melanjutkan perjalanan lantaran tanjakan di Dusun Air Tebadak sangat licin serta berlubang.

Sekretaris Desa Air Upas, Petrus Kornelis Dehotman, menerangkan bahwa semula berencana akan meminta bantuan pihak perusahaan untuk membantu pembenahan jalan bila cuaca sudah memadai, karena dikhawatirkan jika melakukan perbaikan pada saat hujan saat ini akan semakin memperburuk keadaan.

Melihat kondisi saat ini sangat urgent
Petrus Cornelis mengatakan bahwa harus segera melakukan langkah pembenahan dengan catatan selama proses perbenahan kendaraan roda 4 dan roda 6 dialihkan melalui Jalan Ibul ke Jalan Hauling Bauksit. Walau harus memutar cukup jauh, ini penting demi percepatan dan proses pembenahan dapat berjalan lancar.

“Atas nama Pemerintah Desa Air Upas saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Ratu Intan Mining (RIM) yang dengan cepat menanggapi permohonan kami, ini sangat membantu seluruh kepentingan masyarakat, karena akses ini sangat vital bagi kepentingan berbagai aspek baik ekonomi, sosial, pendidikan dan lainnya,” terang Petrus Cornelis, Jumat (22/5).

Atas permohonan Pemerintah Desa Air Upas, PT. Ratu Intan Mining (RIM), segera melakukan bantuan pembenahan ruas jalan sekaligus melakukan penimbunan laterit.

Manager Humas PT RIM, Adrianus Adus menyebutkan bahwasanya PT RIM selalu siap memenuhi tanggung jawab sosialnya agar terjalin Interaksi harmonis dengan membangun kesepahaman terkait kepentingan dan kemajuan desa.

“Eksistensi perusahaan pada prinsipnya tentulah sangat penting bagi kemajuan suatu daerah dan masyarakatnya. Khususnya PT. RIM, kami berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan pemerintah serta masyarakat setempat, agar tidak ada kesan perusahaan hanya mengeruk keuntungan semata, akan tetapi juga berperan penting dalam mendorong kemajuan pembangunan di berbagai lini,” ungkapnya.

Banyak apresiasi diberikan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dengan keberadaan RIM di Air Upas, diantaranya, Ketua AMPI Kecamatan Air Upas, Dedy Haryanto yang lebih familiar disapa Galink Lee mengapresiasi bahwa dengan keberadaan RIM di Air Upas sangat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan mempekerjakan kurang lebih 500 pekerja, dengan perbandingan kurang lebih 400 penduduk lokal, selebihnya dari daerah lain.

“Selain terbukanya lapangan kerja, RIM telah banyak berbuat khususnya turut membantu penyediaan infrastruktur walau dengan usianya yang sangat muda di Air Upas, Semoga terjalin simbiosis mutualisme berkelanjutan dengan baik,” harapnya

Apresiasi juga disampaikan oleh Sekretaris Persatuan Pemuda Dayak Kecamaran Air Upas, Beni Alpri Banding, Beni menyebutkan bahwa RIM cepat menanggapi jika ada permohonan perbaikan jalan dan kepentingan sosial lainnya.

“Beberapa pengalaman yang pernah kami ajukan ke perusahaan lain guna perbaikan jalan maupun lainnya cendrung lamban, hingga terkadang harus sering menanyakan kembali ke perusaahaan tersebut. Berbeda dengan sekarang, mudah-mudahan dengan adanya RIM di Air Upas kesan kurang baik tentang keberadaan perusahaan kian pudar,” tutupnya

( Jns )