Bupati Kubu Raya Apresiasi Bupati Melawi Umumkan Dirinya Positif Covid-19

Delikcom.com, PONTIANAK – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi sikap Bupati Melawi Kalimantan Barat, Panji, yang menyampaikan secara terbuka kondisi diri dan keluarganya yang dinyatakan positif Covid-19, berdasarkan uji laboratorium yang keluar pada Senin (1/6). Pengakuan Bupati Panji yang disampaikan dalam video berdurasi 13,17 menit itu dibagikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Harrison pada Selasa (2/6) pagi.

Bupati Muda dan istri, Rosalina Muda, mengungkapkan empatinya seusai mengikuti rapat penerapan kenormalan baru melalui konferensi video bersama Gubernur Kalimantan Barat di Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (2/6).

Muda Mahendrawan, Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat

“Saya dan istri menyampaikan empati dan keprihatinan kepada Bapak Bupati Melawi dan keluarga. Kami sangat bisa memahami dan ingin menyampaikan agar tetap bersemangat dan jangan menyerah,” ujar Muda Mahendrawan.

Muda memuji Bupati Panji yang dinilainya telah menunjukkan tanggung jawab sebagai kepala daerah. Meski harus menghadapi risiko yang tidak mudah.

“Kita bisa memahami bahwa sebagai kepala daerah ada rasa tanggung jawab yang dijalankan. Di mana harus mengurus segala sesuatu termasuk yang berisiko. Apalagi terkait pandemi ini, saya yakin kinerja, dedikasi, dan komitmen yang dijalankan tentu merupakan sesuatu yang tidak sia-sia,” ucapnya.

Muda menilai apa yang disampaikan Bupati Panji sangat penting dalam membangun stigma positif terhadap penderita Covid-19. Di mana realitas yang terjadi menunjukkan adanya kecenderungan stigma negatif kepada mereka yang terinfeksi Covid-19. Sehingga memunculkan kepanikan dan tekanan psikis bagi penderita yang justru mempersulit proses penyembuhan.

“Saya kira apa yang Bupati Panji sampaikan itu merupakan sikap kesatria dan benar-benar menjadi suatu teladan. Bagi masyarakat Melawi dan daerah lainnya termasuk Kubu Raya, tentu ini merupakan sebuah contoh bagaimana agar semuanya punya pemahaman bahwa itu bukanlah aib. Itu adalah suatu hal yang justru kita lindungi apalagi menghadapi tatanan kenormalan baru saat ini,” tuturnya.

Muda mengaku dapat merasakan suasana kebatinan Bupati Panji dan keluarga serta masyarakat Melawi pada umumnya. Dirinya berharap semua pihak dapat terus patuh pada protokol kesehatan guna mencegah meluasnya wabah.

“Kami mendoakan sebagai rekan sejawat dan kita memahami suasana kebatinan yang dirasakan beliau, keluarga, dan masyarakat di sana. Semoga kita semua dapat melewati pandemi ini dengan sehat walafiat dan selalu diberikan kekuatan mental dan fisik untuk bersama mencegah meluasnya wabah ini,” ucapnya. (Dr)