Pengadilan Negeri Pontianak Tunda Sidang Dugaan Korupsi PT Jasindo

Pontianak – Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dalam kasus dugaan korupsi sebesar Rp 4,7 Miliar di PT Asuransi Jasindo terpaksa ditunda oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Pontianak pada Selasa, 2 Juni 2020. Sidang ditunda karena saksi berhalangan hadir.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Pontianak, Ria Novita mengatakan, sidang hari ini ditunda dan akan digelar kembali pada tanggal 15 Juni 2020. Agenda sidang berikutnya masih dengan agenda yang sama mendengarkan keterangan saksi.

“Mohon maaf ya, sidang hari ini kita tunda karena saksi yang akan diambil keterangan berhalangan hadir,”ujarnya.

Kasi Pidsus Kejari Pontianak, Juliantoro mengatakan jauh jauh hari setelah sidang terakhir dilakukan, saksi berjanji sanggup datang menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Tipikor Pontianak. Namun pada tanggal 30 Mei 2020 dia mendapatkan kabar Kalau saudara saksi sudah tes rapid test dan sudah membeli tiket pesawat, namun dibatalkan oleh pihak maskapai karena tidak mendapatkan surat ijin keluar masuk (SIKM) dari Pemprov DKI.

” Jadi Atas dasar alasan surat ijin keluar masuk tidak terbit yang bersangkutan tidak bisa menghadiri sidang. Namun kita memberikan kesempatan kepada yang bersangkutan dua minggu ke depan untuk hadir dalam sidang,”kata Juliantoro.

Sementara itu, Koordinator Komisi Yudisial Kalbar, Budi Darmawan mengatakan, bahwa terdakwa punya hak. Tapi, ada batasnya apabila tiga kali berturut tidak bisa menghadiri sidang, maka melalui Jaksa Penuntut umum saksi bisa dipanggil secara paksa. Dan itu memang sudah diatur didalam KUHP dan Undang-Undang.

“Saya berharap majelis hakim yang menangani kasus ini bisa berlaku adil dan tegas dalam memutus kasus dugaan korupsi ini,”ujarnya.

(Fai)

(Visited 16 times, 1 visits today)

Pos terkait