Pandemi Covid-19, Disdik Kalbar Buka Pendaftaran Siswa Baru Secara Online

Pontianak – Kepala Bidang Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan aplikasi daring khusus untuk penerimaan peserta didik Baru (PPDB) Yang akan dilaksanakan secara online pada tahun ajaran 2020/2021.

‘’Untuk proses penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020/2021 akan dilakukan secara online. Untuk pendaftaran secara online ini kami sudah menyiapkan aplikasi yang nantinya akan digunakan oleh para peserta didik baru,’’kata Fatmawati pada Selasa, 9 Juni 2020.

Ia melanjutkan, bahwa proses pendaftaran siswa baru secara online dilakukan berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 04 Tahun 2020. Poin kelima dalam surat edaran tersebut tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

‘’Saya minta pihak sekolah menyiapkan mekanisme penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua siswa di sekolah secara fisik,’’kata Fatmawati.

Lebih lanjut, Dia mengatakan, melalui aplikasi ini para peserta didik baru bisa mendaftar darimanapun berada dan bisa dilakukan dari rumah. ,’’Jadi pendaftaran tahun ini murni dilakukan secara online.

,’’Kemudian pendaftaran siswa baru tahun ini juga menggunaknan Sistem zonasi seperti tahun 2019, mekanisme ini Berdasarkan Permendikbud nomor : 44 tahun 2019. jadi sistem penerimaan siswa baru masih menggunakan sistem zonasi, hanya bedanya kalau tahun 2019 itu zonasinya 80%, tahun ini 50%. kemudian kalau jalur prestasi 30%, jalur Perpindahan orang tua 5% dan jalur prestasi 15 persen,’’ujarnya.

Fatmawati menambahkan, untuk peserta didik baru yang akan melakukan pendaftaran secara online atau akan mencari informasi tentang PPDB bisa mengakses website berikut ini: ppdb.dikbud.kalbarprov.go.id

(Wan)