menghadapi New Normal LAN Sintang Berbagi

Delikcom.com, SINTANG – Setelah menerima donasi sekitar 2 minggu lebih, Lembaga Anti Narkotika (LAN) DPC Sintang berikhtiar untuk berbagi menghadapi New Normal. Di tiga titik sudut kota Sintang, mulai Jumat 12-14 Juni LAN Sintang bagikan Masker Gratis. Pembagian masker gratis yang dimulai dari Masjid Jami Sutan Nata tersebut merupakan kepedulian LAN Sintang terhadap masyarakat Sintang agar terhindar dari Covid 19.

Ketua LAN Sintang Ade Muhammad Iswadi, mengatakan masker menjadi pilihan mengingat situasi saat ini yang mewajibkan warga mengenakan masker sebagai bentuk ikhtiar saja.

“Makanya, kami senang dengan adanga slogan MaskerMu MelindungiKu MaskerKu MelindungiMu,” kata mantan Ketua KONI Sintang ini, Sabtu (13/6/20).

Dikatakanya pemakaian masker sepertinya akan menjadi trend untuk persiapan tatanan New Normal.Namun, kata pria yang akrab disapa Ami ini, penggunaan masker mestinya bisa menjadi bagian dari keseharian meskipun sudah tidak ada wabah yang mematikan ini.

“Selain polusi udara yang kurang baik akibat aktifitas illegal, kita juga sudah lama diajarkan agar menutup mulut jika batuk atau bersin. Artinya dengan menggunakan masker kita minimalisir terjadinya penularan penyakit ,” beber Ami.

Giat pembagian masker gratis tersebut dikatakan Ami rencananya akan fokus di tiga tempat, yaitu Jumat di Masjid Jami” Sultan Nata Sintang, Sabtu sore di simpang 4 Pengadilan Negeri Sintang atau alamat sementara sekretariat LAN DPC Sintang, dan Minggu pagi di Pasar Tradisional Masuka.

“Mudah-mudahan masker bermanfaat bagi masyarakat,terimakasih juga kami ucapkan kepada para donatur yang telah menyisihkan rezekinya untuk masyarakat Sintang,” ucapnya.

Ditanya soal program LAN, Ami mengatakan secara umum menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam menjalankan Program P4GN atau Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Perdaran Gelap Narkotika. LAN yang hadir sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam Penanggulangan Bahaya Narkoba.

“Jika agenda yang jadi prioritas, tentu sesuai arahan pusat dengan pengoptimalan divisi atau bidang yang ada di LAN antara lain Strukturisasi, Penyuluhan, Rehabilitasi, Jurnalistik, Advokasi Hukum, dan Walet Reaksi Cepat (WRC) sebagai bidang elit yang bisa melakukan eksekusi awal dengan mengamankan alat bukti pelaku dan lokasi sembari koordinasi dengan pihak berwenang seperti kepolisian dan BNN,” Ulasnya.

Ami juga berharap Sintang sebagai calon ibukota Provinsi Kapuas Raya memiliki rumah rehab yang menjadi rujukan bagi daerah lain.

“Mengenai rumah rehab ini LAN sudah menyampaikannya kepada Bupati saat audiensi para pengurus dan pernah juga menyampaikannya kepada Ketua DPRD dalam suatu kesempatan, untuk Sintang berkelanjutan diharapkan generasi yang bersih narkoba.”ujarnya.

Ditemui di Masjid yang dibangun tahun 1672 M atau 1083 H, Ketua DPW Masyarakat Adat Nusantara Kalbar ini juga mengungkapkan Masker yang dibagikan tersebut hasil donasi pada bulan Suci Ramadhan lalu. Dengan membuka donasi dua minggu lebih dan ditutup jelang Idul Fitri.

“Ini hasil membuka donasi pada ramadhan hingga lebaran kemarin ,Kami memesan masker tersebut lewat DPC LAN Jember yang kebetulan disana sedang menerima order masker untuk beberapa LAN daerah, jadi DPC LAN Sintang juga ikut pesan,” kata mantan komisioner KPU Sintang ini.

Diharapkan masker tetap jadi bagian keseharian masyarakat Sintang di tatanan new normal.(sus)