Bupati Kayong Utara Resmikan Bumdes Maju Mandiri

Kayong Utara – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) harus dikelola oleh orang yang pandai berdagang dan berhitung, dan pandai melihat potensi bisnis, sehingga usaha yang dimiliki desa tersebut akan berkembang. Hal ini diungkapkan Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani ketika meresmikan Kantor Bumdes Maju Mandiri di Desa Satai Lestari Kecamatan Pulau Maya, Rabu (17/6/2020).

Selain itu, Bupati Citra juga menginginkan supaya Bumdes dikelola oleh orang yang amanah dan pekerja keras.

“Kalau Bumdes ini mau maju, Saya ingin supaya pihak desa menunjuk orang-orang yang amanah dan pekerja keras untuk mengelolanya, karena salah satu kunci keberhasilan adalah orang yang bisa memegang amanah dan jujur serta mau bekerja keras, dengan demikian saya yakin Bumdes kita ini akan benar-benar berkembang dan maju,” ujar Citra.

Kemudian Bupati Citra mengharapkan supaya Bumdes Maju Mandiri bisa menjadi percontohan untuk 42 desa lainnya dalam mengelola usahanya, dengan demikian para pengelola BUMDes ini harus benar-benar mampu untuk mengelola modal awal yang diberikan sebesar 100 juta rupiah tersebut dengan baik, hal ini dilakukan agar usaha tersebut bisa berkembang bahkan bisa meningkat.

Selanjutnya Bupati sarankan agar pengelola Bumdes Satai Lestari menjadi agen yang banyak mengelola usaha sehingga pendapatan akan lebih meningkat.

“Saya sangat setuju pengelolaan BUMDes Satai Lestari ini bergerak dibidang pertanian dan perikanan, dengan demikian Bumdes ini bisa jadi agen padi dan ikan, namun saya juga menyarankan agar setiap Bumdes bisa lebih banyak lagi usahanya karena semakin banyak usaha yang dikelola maka semakin banyak pula penghasilan yang didapat oleh desa,” tutur Bupati.

Pada kesempatan ini, Bupati Citra yang didampingi oleh Wakapolres Kayong Utara, Danlanal Ketapang dan berapa anggota DRPD Kayong Utara Dapil Kecamatan Pulau Maya dan Kepulauan Karimata juga memberikan bantuan secara simbolis bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Satai Lestari serta menyampaikan santunan tali asih ASN Peduli kepada sepuluh anak yatim.

“Pada tahun 2020 ini, Desa Satai Lestari Kecamatan Pulau Maya mendaptkan bantuan bedah RTLH sebanyak 25 unit dan masing-masing mendapatkan bantuan sebesar 17,5 juta rupiah.

(Wan)