Awali Pemutakhiran Data KPUD Sintang Gelar GKS Dan GCS

Delikcom.com, SINTANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendasari pemutakhiran data pemilih pada 7 prinsip managemen administrasi elektoral. Pada pilkada serentak 2020, Gerakan KLIK Serentak (GKS) menjadi kegiatan yang menandai dimulainya tahapan pencocokan dan penelitian (COKLIT). GKS ini terobosan baru yang mengedepankan partisipasi pemilih. Termasuk, prinsip transparan terhadap data pemilih yang dikelola.

“Tanggal 15 Juli, sebagai hari pertama tahapan coklit, hari itu juga dibuat GKS semua di 309 daerah penyelenggara pilkada termasuk kabupaten/kota yang hanya menyelenggarakan pilgub,” kata Hazizah Ketua KPU Daerah Kabupaten Sintang, Senin (15/7) diKantor KPU Sintang Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, nomor 77, Baning Kota, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang,

Hazizah menjelaskan, kegiatan melibatkan stakeholders pemilu pada tahapan coklit ini dilaksanakan dua kegiatan. Gerakan Klik Serentak (GKS) dan Gerakan Coklit Serentak ( GCS). GKS dilakukan serentak dipimpin langsung ketua KPU RI, Arief Budiman dari kantor KPU RI. 34 satker KPU Provinsi, dan Kabupaten/Kota yang pilkada, melaksanakan klik serentak dengan cara masuk ke laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Setiap pemilih diminta mengunjungi alamat tersebut, kemudian nanti akan muncul fitur isian yang diminta mengisi nama, NIK dan jenis kelamin. Setelah itu, akan mencul informasi, nama anda telah terdaftar sebagai pemilih.

“Cara awal yang dilakukan KPU meyakinkan pemilih lewat gerakan ini, agar bisa langsung mengecek sendiri namanya sudah terdaftar sebagai pemilih,” jelasnya.

KPUD sebagai pihak penyelenggara pilkada serentak 2020 di Sintang ini, nantinya akan melibatkan Pejabat Pemerintah Daerah, Bawaslu dan pemangku kepentingan lain, untuk sama-sama melaksanakan gerakan ini dikantor masing-masing, pada pukul 11.00 WITA.

Selain GKS, pada Minggu, 18 juli 2020 juga dilakukan GCS. Kegiatan ini serentak di masing-masing kecamatan diikuti seluruh PPDP diwilayah kerjanya. Sebanyak 1.175 PPDP se Sintang turut terlibat, bersama 1.218 PPS dan 70 PPK.

“Gerakan melakukan coklit ke rumah-rumah tokoh yang tinggal di desa itu,”ujarnya.

PPDP di kabupaten Sintang akan mendatangi rumah para Bupati, Wakil Bupati, Pejabat Pemda lainnya, Tokoh Agama, Wakil Rakyat, dan tokoh lainnya termasuk rumah Camat dan Kepala Desa dan Kepala BPD, untuk dicoklit.

“Kami akan turun, mulai dari KPU kabupaten, PPK dan PPS mendampingi PPDP mencoklit ke rumah – rumah pada tanggal 18 juli itu,” katanya.

“Harapan kami, keterlibatan pemerintah dan tokoh masyarakat dan semua pemilih di daerah sintang bisa maksimal, agar coklit kita berlangsung dengan baik,”pungkasnya.

Sementara Divisi Perencanaan, Program dan Data,  Edi Susanto mengatakan bahwa Setelah pelaksanaan GKS, KPU juga akan menggelar Gerakan Coklit Serentak yang akan digelar tanggal 18 Juli hingga 13 Agustus.

Pelaksanaan GCS ini kata Pria yang akrab disapa Edi, dengan melakukan kunjungan ke rumah-rumah masyarakat pemilih untuk melakukan pendataan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Kedatangan PPDP nanti, sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). Tentunya, kita juga mengharapkan, masyarakat dapat menggunakan masker saat didatangi petugas,untuk GCS ini, masyarakat hanya cukup menyiapkan KTP elektronik dan Kartu Keluarga untuk diperlihatkan kepada petugas saat dilakukan pendataan,” tandasnya.

Kapolres Sintang AKBP Jhon H.Ginting pihaknya siap mendukung jalanya Pemilu Kada 2020.

“Sebagai alat negara dan pihak keamanan kami Polres Sintang siap mendukung dan mengamankan jalanya pemilu mendatang,”tegasnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus mengudakasi para generasi muda dalam mendukung jalanya pemilu.

” Peran serta generasi muda dalam menyukseskan pemilu kada itu penting dan tidak boleh terprofokasi oleh medsos. Generasi muda hendaknya jangan mudah terprofokasi dengan status di medsos ,agar dapat menempatkan diri untuk memberikan haknya dalam pemilihan nanti sehingga tercipta masa depan sintang yang lebih baik,”tandasnya. (sus)