Diskusi Ombudsman RI Kalbar Bersama IJS

Delikcom.com, SINTANG – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat menggelar diskusi bersama Ikatan Jurnalis Sintang (IJS) yang digelar di Aula RRI Sintang, Kamis (16/07/2020).

Giat yang dipandu bung Taufik Hidayat dan bung Ramli RRI berlangsung selama 3 jam menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,Dinsos dan Diskominfo Sintang.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Barat, Agus Priyadi mengatakan kegiatan ini salah satunya adalah memberikan pemahaman fungsi dan tugas Ombudsman yang salah satunya adalah berkewenangan dalam melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara negara, pemerintah, BUMN/BUMD, BHMN, badan swasta atau persorangan dengan sebagaian atau seluruh dananya bersumber dari APBN/APBD.

“Jika ada oknum yang melawan humum, menyalahgunakan wewenang, melalaikan kewajiban hukum, penundaan tidak pasti, tidak menangani atau tidak kompeten, suap, pungli, gratifikasi, menyimpang dari prosedur, atau tindakan tidak layak yang menimbulkan kerugiaann materil maupun immateriiil, silahkan laporkan,” tuturnya.

Agus Priyadi juga menyampaikan pihaknya menerima laporan dari masyarakat secara lisan maupun tulisan yang tentunya harus dilakukan dengan persyaratan tertentu, yaitu pelapor adalah WNI, sudah pernah melaporkan secara langsung dengan terlapor atau atasan terlapor namun tidak memperoleh penyelesaian dan terakhir kejadian yang dilaporkan belum lewat dua tahun.

“Boleh datang langsung, boleh juga melalui media sosial. Apalagi saat ini banyak orang yang menjadikan media sosial adalah sarana untuk berkomunikasi dalam berbagai hal. Tapi ingat, ada batasan yang dilakukan, ada UU ITE yang harus diperhatikan oleh masyarakat,” ucapnya.

Ketua Ikatan Jurnalis Sintang, Hery Sumitro Lingga mengucapkan terimakasih kepada Ombudsman yang telah meluangkan waktu untuk diskusi bersama dengan IJS dalam hal membahas keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik.

“Kami dari IJS sangat mendukung kinerja Ombudsman sebagai lembaga negara yang berperan penting dalam memberikan pengawasan terkait pelayanan publik. Kami berharap, Ombudsman RI khususnya perwakilan Kalimantan Barat mampu melaksanakan tugas dan wewenangnya,” pungkasnya. (sus)