Revitalisasi Peran dan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Pembinaan

Delikcom.com, KETAPANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si hadir mewakili Bupati Ketapang dalam acara Pembukaan Bimtek (Bimbingan Teknis) Manajemen Masjid Kabupaten Ketapang Tahun 2020 di Aula Bapenda Ketapang pada Sabtu, (18/7) pagi.

Adapun tema yang diambil dalam kegiatan tersebut adalah “Revitalisasi Peran dan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Pembinaan Umat”.

Sekda Ketapang dalam sambutannya, membacakan pidato Bupati Ketapang, Martin Rantan, SH.,M.Sos mengucapkan selamat kepada peserta yang hadir di acara Bimtek ini. Sekda berharap, setelah dari bimtek ini kita semakin bertambah wawasannya, sehingga para pengurus masjid mampu menangani masjid dan umat sebagaimana mestinya.

Menurut Sekda, selaras denga tema di atas, peran dan fungsi masjid seyogyanya tidak hanya terbatas pada urusan vertikal, lebih dari itu, masjid harus dapat difungsikan sebagai tempat sosial dan solusi keumatan.

“Langkah ini penting, agar peran dan fungsi masjid sebagai tempat pertumbuhan dan peradaban islam dapat diapliksikan di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Lanjut Sekda, masjid harus lebih dikembangkan menjadi madrasah atau tempat pendidikan, tempat konsultasi hukum islam, sosial kemsyarakatan serta tempat pembinaan umat. Masjid harus berimplikasi pada kemanfaatan dalam kehidupan bermasyarakat.

Di akhir sambutannya, Sekda menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada MUI (Majelis Ulama Indonesia) Ketapang yang telah menginisiasi kegiatan ini.

Sekda berharap, MUI Kab. Ketapang tetap menjadi wadah yang mewakili umat islam dalam hubungan dan konsultasi antar umat beragama, sebagaimana lazimnya, MUI Kab. Ketapang adalah lembaga pemberi fatwa di Kab. Ketapang baik diminta ataupun tidak diminta.

“Hal ini sengaja saya sampaikan, mengingat Majelis Ulama adalah tumpuan harapan dan umat,” tukasnya. (wan/PK)