26 Awak Kapal KM Bahari Indonesia tiba dengan Selamat Di Ketapang

Delikcom.com, KETAPANG – KM Bahari Indonesia rute Jakarta – Pontianak terbakar saat sedang melintasi Laut Jawa, Selasa, (21/07/20) Pukul 03.00 WIB. Keseluruh awak kapal berhasil selamat setelah KM Samudra Jaya Abadi  yang berada di sekitar lokasi kejadian mengevakuasi seluruh awak kapal tersebut. Kemudian akhirnya seluruh awak kapal KM Bahari Indonesia tiba dengan selamat di Pelabuhan Sukabangun, Kabupaten Ketapang, Kamis (23/07/20).

” Kita patut bersyukur seluruh awak kapal KM Bahari Indonesia  telah tiba dengan selamat di Pelabuhan Sukabangun, Kabupaten Ketapang,” Ungkap Yopi Haryadi, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Kamis (23/7/20).

Yopi menambahkan, Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Pos SAR Ketapang,TNI-AL Kabupaten Ketapang, Pol Air Kabupaten Ketapang, KKP Ketapang, KSOP, SROP, Pelindo, Polsek Kawasan Pelabuhan, Agen Kapal Bahari Indonesia, Agen Kapal Samudra Jaya Abadi, sekitar pukul 10.30 Wib bertemu dengan KM Samudra Jaya Abadi dan langsung mengevakuasi ke seluruh awak kapal KM Bahari Indonesia yang berjumlah dua puluh enam orang.

“Terdapat satu orang awak kapal yang mengalami luka bakar dibagian kaki dan sudah kami (TIM SAR gabungan) serahkan kepada KKP Pelabuhan ketapang untuk selanjutnya di rujuk ke Rumah Sakit dr. Agoes Djam Ketapang guna mendapatkan penanganan medis lanjutan. Sedangkan awak kapal lainnya kami serahkan kepada pihak agen KM. Bahari Indonesia,” paparnya.

Sementara itu Sudjitno Bima Santoso dari pihak agen KM Bahari Indonesia mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh tim SAR Gabungan.

“Kesigapan mereka sangat cepat sekali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta) tidak sampai hitungan jam, hanya beberapa menit setelah melakukan pelaporan mereka telah berangkatkan  KN. SAR Wisnu (rescue boat) kantor pencarian dan Pertolongan Jakarta. Juga kepada TNI AL dan KPLP saya banyak ucapkan terimakasih,” ungkapnya. (wan)