Polsek Manis Mata Patroli Anti Karhutla

Delikcom.com, MANIS MATA – kapolsek Manis Mata Polres Ketapang, IPTU Suhud Try Haryatmo beserta beberapa orang anggota melakukan pengecekan titik Hotspot sekaligus patroli anti Karhutla di Dusun Pakit Desa Suak Burung Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang yang merupakan daerah perbatasan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah, Rabu (5/8/20).

” Patroli yang dilakukan merespon pantauan dari Satelit dan aplikasi Lancang kuning saya beserta personil terjun langsung ke lapangan melakukan pengecekan dilokasi sekaligus menyampaikan himbauan Kamtibmas dan himbauan terkait Karhutla mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup terutama untuk tidak membuka lahan pertanian dengan menebang pohon dan membakar,” kata Suhud (5/8).

Kapolsek juga mengingatkan bahaya lantaran dengan seringnya terjadi kebakaran hutan dan lahan setiap tahunnya yang diakibatkan pembukaan lahan pertanian yang dilakukan oleh pihak atau individu yang tidak bertanggung jawab baik dengan sengaja maupun tidak sengaja.

” Kami mengajak seluruh masyarakat khususnya Kecamatan Manis Mata untuk tidak membakar lahan dan mematikan api ketika pulang atau selesai dari berkebun atau bercocok tanam. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, akibat atau dampak Karhutla dapat dilihat pada tahun tahun yang lalu seperti kabut asap yang mengakibatkan gangguan pada saluran pernafasan dan pohon pohon yang terbakar mengakibatkan gundulnya hutan,” imbaunya.

Menurutnya, dampak dari semua itu air hujan tidak terserap oleh akar dan mengakibatkan bencana alam banjir dan longsor yang sedang dihadapi sekarang.

Ditegaskannya, bahaya terjadinya karhutla dan berikut pemaparan sangsi pidananya khususnya tentang UU No. 41 tahun 1999 tentang kehutanan, UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan UU No. 39 tahun 2014 tentang Perkebunan. (Wan)