Bupati Sintang Langsung Tinjau Lokasi Kebakaran

Delikcom.com, SINTANG – Bupati Sintang H Jarot Winarno didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau langsung kebakaran yang menghanguskan 9 kios di Jalan PKP Mujahidin, Minggu (9/8).

Jarot dalam keterangannya mengatakan kios yang terbakar tersebut berdiri diatas tanah milik Korem 121 ABW yang dikelola melalu koperasi Primkopad atas penggunaan lahan ini.

Atas dua kali kejadian kebakaran pada kios di kawasan itu. Maka akan dilaksanakan pendataan, termasuk pasar sayur yang dekat dengan SPBU.

“Kan, sudah dua kali kejadian kebakaran begini. Nah, akan kita data, termasuk pasar sayur yang berada di dekat SPBU. Untuk penggunaan lahan ini kembali, akan kita koordinasikan dengan Danrem 121/ABW,” ungkapnya.

Jarot mengimbau agar masyarakat lebih memperhatikan instalasi listrik di rumah masing-masing, karena dari keempat kejadian kebakaran di Sintang semuanya bersumber dari arus pendek.

“Kepada PT PLN melalui para instalatirnya kita berharap supaya memperhatikan hal ini, agar kedepannya tidak terjadi kebakaran yang bersumber dari arus pendek,” harap Jarot.

Kesempatan yang sama Kepala Bidang Damkar dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Sintang Yudius mengatakan kebakaran ini bersumber dari salah satu kios. Namun belum diketahui secara persis penyebabnya, apakah dari arus pendek, ledakan gas, atau disengaja.

“Itu semua belum dapat kita simpulkan kata Yudius.

Kepala Satpol PP dan Damkar, Kabupaten Sintang, Martin Nandung mengimbau kepada semua lapisan masyarakat agar selalu berhati – hati dengan api, mengingat saat ini akan memasuki musim kemarau.

“Kebakaran tidak hanya bisa terkadi di area pemukiman. Namu bisa juga terjadi di areal hutan yang juga bisa merembat pemukiman,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada masyarakat jika terjadi kejadian serupa di sekitar lingkungan masing-masing untuk supaya segera menghubungi petugas kebakaran.(sus)