Pantau Rawan Karhutla, Kapolsek Sungai Laur Jalan Kaki Sejauh 11 Km

Delikcom.com, SUNGAI LAUR – Lakukan pemantauan wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan di Desa sepotong Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang, Kapolsek Sungai Laur Polres Ketapang IPTU Sulardi, S.Ip bersama personilnya rela melaksanakan jalan jalan kaki kurang lebih 11 Km, Minggu (23/8/20).

Jalur yang dijalani menyusuri wilayah perbukitan dan hutan desa Sepotong yang dikenal rawan dilanda kebakaran.

Bacaan Lainnya

“ Wilayah hutan desa ini setiap tahunnya sering ditemukan titik api dikarenakan tekstur tanah nya di wilayah ini mayoritas gambut dan juga wilayah ini didominasi rumput kering yang mudah terbakar pada musim kemarau,” Ujar IPTU Sulardi, S.IP.

IPTU Sulardi, S.IP., bersama personilnya menyusuri wilayah perbukitan dengan cara berjalan kaki hampir sejauh 11 km dari pemukiman desa, dikarenakan wilayah ini tidak dapat diakses menggunakan kendaraan, sehingga para personel Polsek Laur tersebut terpaksa berjalan kaki menyusuri wilayah hutan.

“ Kami juga menggunakan teknologi berbasis digital yaitu pemantauan hotspot menggunakan aplikasi lancang kuning dimana setiap harinya seluruh personel Polsek Laur saya wajibkan membuka aplikasi tersebut untuk memantau wilayah kecamatan laur, dan apabila ada ditemukan titik api melalui koordinat di aplikasi itu, kami langsung bergerak bersama Babinsa dan Satgas desa menuju lokasi koordinat untuk melakukan pengecekan, semua ini adalah bentuk upaya kami dalam meniadakan potensi titik api di wilayah hukum polsek laur ” Jelas Sulardi.

Selain melakukan pemantauan lahan, Kapolsek juga melaksanakan sambang ke pemukiman desa untuk melakukan himbauan kepada masyarakat agar ikut berperan aktif dalam pencegahan karhutla di wilayah kecamatan laur khususnya di desa sepotong. (wan)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Pos terkait