Pemda Resmikan Pasar Rakyat Desa Istana

Delikcom.com, SANDAI – Dalam rangkaian kunker (kunjungan kerja) nya di beberapa kecamatan, Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, Martin Rantan, SH.,M.Sos, Drs. H. Suprapto S meresmikan Pasar Rakyat, yang beralamat di Desa Istana Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang, pada selasa (25/08/2020) pagi.

Dalam sambutan Bupati, melalui wakil Bupati disampaikan bahwa pembangunan Pasar Rakyat Desa Istana Kecamatan Sandai, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Bidang Sarana Perdagangan Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp. 1.543.335.000,00 ( Satu Miliyar Lima Ratus Empat Puluh Tiga Juta Tiga Ratus Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah ).

Adapun pembangunannya, adalah berupa bangunan pasar permanen, dengan fasilitas kios, los meja ikan dan los meja sayur, serta sarana penunjang lainnya.

Dijelaskan, bahwa pemerintah kabupaten Ketapang merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat, sebagaimana diketahui, bahwa antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah merupakan suatu sinergi dalam menjalankan program nasional, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia, dalam hal ini masyarakat Kabupaten Ketapang, khususnya masyarakat Desa Istana Kecamatan Sandai.

Dikatakan, tujuan dari pembangunan pasar rakyat ini dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, sebagaimana misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, pada point ke-3: “Meningkatkan Perekonomian Masyarakat”.

Diharapkan, keberadaan pasar rakyat ini mampu mendorong kegiatan perekonomian masyarakat serta proses industrialisasi secara berkelanjutan baik dalam skala kecil menengah maupun besar, sehingga mampu bersaing di pasar lokal maupun regional.

Terkait dengan eksistensi dan kesinambungan operasi pasar rakyat ini, bupati sangat berharap, agar fasilitas yang telah disediakan oleh negara ini selalu dijaga dan dipelihara serta tidak melakukan transaksi ilegal di areal pasar.

“Kita semua berharap kerja sama semua pihak yang ada di Kecamatan Sandai, khususnya Desa Istana agar dapat menjaga fasilitas pemerintah, memelihara kebersihan, dan lain sebagainya dan tidak melakukan transaksi/ jual beli barang yang dilarang serta dapat menjaga stabilitas harga.” Ujar Wakil Bupati mengutip pernyataan Bupati dalam sambutan kegiatan ini.

Tak lupa, disampaikan juga ucapan terimakasih kepada Stakeholder Kecamatan Sandai beserta jajaran dan juga kepada masyarakat Sandai, khususnya masyarakat Desa Istana atas dukungan dan partisipasinya, sehingga pembangunan pasar rakyat ini bisa terlaksana dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Camat Sandai beserta jajaran, Kepala Desa Istana beserta jajaran dan masyarakat Desa Istana yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Pasar Rakyat Desa Istana yang merupakan pasar kebanggaan di kecamatan sandai,” Pungkasnya. (Wan)