Berkas Pendaftaran Eryanto Harun – Mateus Yudi Dikembalikan Oleh KPU Ketapang

Delikcom.com, KETAPANG – Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang pada pilkada 2020, Eryanto Harun – Mateus Yudi resmi melakukan pendaftaran ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama, Jum’at (4/9/20).

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh pihak KPU Ketapang, berkas yang disampaikan oleh pasangan Eryanto Harun dan Mateus Yudi yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya dikembalikan Sebab terdapat salah satu syarat yang dinyatakan belum lengkap.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Ketapang, Tedi Wahyudin mengatakan, pasangan Eryanto Harun – Mateus Yudi, berkasnya dikembalikan semua untuk kemudian diperbaiki di masa pendaftaran. Itu dikarenakan ada syarat pencalonan yang tidak absah.

“Dikembalikan karena B1 KWK partai PAN yang dari pusat tidak bermatrai. Dimana sesuai ketentuan harusnya bermatrai. Jadi pasangan ini harus mendaftar lagi,” ungkapnya.

Menurut Tedi, pasangan Eryanto Harun – Mateus Yudi akan mendaftar kembali pada besok, Sabtu (5/10). Hanya saja, dia belum bisa memastikan kapan waktu mereka mendaftar.

“Tadi saat kita konfirmasi katanya besok pagi. Soal jam berapa mereka datang kita belum mengetahui,” ujar Tedi.

Ia menambahkan, di sisa masa waktu pendaftaran, semua pasangan terus berkomunikasi dengan KPU untuk kepastian kelengkapan berkas-berkas pendaftaran. Tujuannya agar semua dapat clear di masa pendaftaran.

Saat dikonfirmasi, Calon Wakil Bupati Ketapang Mateus Yudi membenarkan bahwa alasan dikembalikannya berkas pendaftaran pihaknya oleh KPU dikarenakan B1 KWK dari DPP PAN yang tidak bermaterai. Menurutnya, B1 KWK dari DPP PAN yang memiliki materai tersebut sudah ada, hanya saja tidak dibawa.

“Jadi rekomendasi DPP itu ada tiga lembar. Satu rekomendasi yang ada materainya, satu rekomendasi yang tidak ada materai, satu fakta integritas yang ada materai. Oleh mereka, kawan kawan di PAN salah bawa, yang tidak bermaterai dibawa, sdangkan yang bematerai itu di rumah,” jelas Mateus Yudi, Jumat (04/09/2020).

Mateus Yudi memastikan jika pihaknya akan kembali mendaftar pada Sabtu (05/09) pagi sekitar pukul 08.00 Wib. Bahkan ia menyebut bahwa saat pendaftaran besok, segala berkas dokumen yang akan dibawa telah dilengkapi.

“Makanya kami tadi minta waktu saja, cuma karena waktu di KPU hanya sampai pukul 16.00, maka tidak bisa lagi dilanjutkan. Jadi diminta besok lagi datang, yang pasti barang itu ada cuma salah bawa,” ungkapnya. (wan)

(Visited 208 times, 1 visits today)

Pos terkait