Baksos HUT TNI AL Ke-75 Tahun 2020, Pantai Dan Laut Adalah Lambang Kedaulatan NKRI

Delikcom.com, KENDAWANGAN – Pangkalan TNI Angkatan Laut Ketapang pada Selasa (8/9/2020) menggelar Bhakti Sosial dalam rangka memperingati HUT TNI AL Ke-75 yang bertemakan ” Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Kita Siap Mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh Guna Mendukung Indonesia Maju”.

Kegiatan Bhakti Sosial kali ini dilaksanakan dengan membersihkan sampah disepanjang pantai pasir putih Sei Gantang Desa Mekar Utama Kecamatan Kendawangan yang diikuti oleh sejumlah instansi Forkopimcam Kendawangan, masyarakat maritim binaan dan pelajar. Kegiatan Baksos HUT TNI AL Ke-75 tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Dalam kesempatan itu Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab B.A., M.Tr.Hanla didampingi Perwira Pelaksana (Palaksa) Mayor Laut (P) Fitriana C. Ardi, S.E. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kita bersama masyarakat untuk menimbulkan kesadaran tentang kebersihan terutama kebersihan pantai dalam rangka ikut pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

” Karena perlu kita sadari betul bahwa pantai dan laut kita adalah lambang dari kedaulatan negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia, untuk itu betapa pentingnya pantai dan laut bagi kita maka tugas kita sebagai masyarakat pesisir pantai untuk selalu menjaganya agar dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat,” kata Letkol Laut (P) Abdul Rajab, Selasa (8/9/20).

Baca Juga:  Libur Panjang, Dandim 1203/Ktp, Ketua Persit KCK Cabang XLVII Kodim 1203 Imbau Di Rumah Saja

Ditambahkannya bahwa TNI AL hadir di sini selain menjaga kedaulatan, pertahanan dan keamanan di laut juga ada tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut melalui pembinaan potensi maritim di wilayah pesisir. Sesuai amanat Undang-undang TNI No. 34 Tahun 2004.

” Selain sebagai penegak kedaulatan, TNI AL juga sebagai penegak hukum di laut dan diplomasi serta sebagai komponen pertahanan matra laut bersama rakyat untuk mempertahankan wilayah perairan NKRI,” paparnya.

Ditegaskanya bahwa perairan atau pantai di Kabupaten Ketapang khususnya Kecamatan Kendawangan sangat panjang tentunya semua ada potensi yang berasal dari laut dan bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa posisi laut Natuna yang jadi rebutan banyak negara tidak jauh dari laut kita karena dinilai laut Natuna memiliki sumber daya alam yang tinggi untuk itu kita wajib mempertahankan demi kedaulatan negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu Agung Teguh Prabowo atas nama masyarakat daerah pesisir pantai khususnya pantai pasir putih mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada TNI AL beserta jajaran dan Forkopimcam yang telah membantu ikut membersihkan sampah di pantai pasir putih yang merupakan pantai wisata kebanggaan masyarakat Kendawangan.

Baca Juga:  Libur Panjang, Dandim 1203/Ktp, Ketua Persit KCK Cabang XLVII Kodim 1203 Imbau Di Rumah Saja

” Pantai pasir putih merupakan ikon wisata yang tentunya banyak dikunjungi wisatawan namun masih banyak perlu pembenahan dan pembangunan untuk itu diperlukan kerjasama semua pihak agar wisata bahari pantai pasir putih lebih menarik lagi,” tugas Agung.( Fendi’s )