PT HHK-SJE Serahkan Bantuan Infrastruktur MCK ke Warga Seguling

Delikcom.com, MANIS MATA – PT Harapan Hibrida Kalbar-Sungai Jelai Estate (HHK-SJE), Union Sampoerna Triputra Persada (USTP) Group menyerahkan bantuan infrastruktur Mandi Cuci Kakus (MCK) ke warga Desa Seguling, Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (16/9/2020).

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami, program CSR (Corporate Social Responsibility) kami kepada masyarakat Desa Seguling yang merupakan desa ring satu kami,” kata General Manager (GM) PT HHK-SJE, Heriyanto Ruchban saat ditemui delikkalbar di lokasi kegiatan.

Ia melanjutkan dengan adanya bangunan senilai Rp65 juta ini, pihaknya berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat Seguling. “Kami berharap dengan bantuan MCK ini, masyarakat bisa lebih sehat, sejalan juga dengan program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, yakni tidak buang air besar sembarangan atau program ODF (Open Defecation Free),” terang dia.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Tata Usaha (KTU) PT HHK-SJE Lukmansyah menambahkan proses pembangunan infrastruktur MCK ini menggunakan kontraktor lokal. Artinya, anggaran sebesar Rp65 juta tersebut juga bermanfaat bagi warga sekitar sebab membuka lapangan kerja bagi mereka.

“Jadi dalam pembangunan MCK ini, kami juga memberdayakan masyarakat sekitar. Kita menggunakan kontraktor lokal. Sehingga, dananya tidak lari keluar, tetap berputar di masyarakat Seguling ini. Tidak hanya MCK ini, banyak juga pekerjaan-pekerjaan di SJE ini yang memberdayakan masyarakat sekitar dengan menjadi kontraktor lokal,” ungkap dia.

Manager Community Development (CD) PT HHK-SJE, Aditya Gilar Rangga Kusumah mengatakan bantuan MCK ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang kesehatan sekaligus bidang infrastruktur.

Adit menjelaskan perusahaan berkomitmen menjalan tiga pilar CSR yakni People, Planet, Profit. People artinya peduli dengan masyarakat sekitar, Planet peduli dengan kelestarian lingkungan dan Profit artinya menjadi entitas usaha yang bisa meraih laba yang berkelanjutan.

“Fokus program CSR kami ada tiga bidang yakni Kesehatan, Pendidikan, infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian dan perkebunan. Selain MCK, di bidang kesehatan kami juga pernah menggelar pengobatan gratis,” kata Adit. (Wan)