Bawaslu Ketapang Imbau Semua Pasangan Calon Komitmen Ikuti Protokol Kesehatan

Delikcom.com, KETAPANG – Setelah ditetapkan Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang pada Pilkada 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahapan berikutnya akan dilakukan pengundian nomor urut yang digelar pada Kamis (24/9).

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ketapang mengingatkan kepada kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ketapang serta keempat tim kampanye Bapaslon untuk dapat menjalankan protokol kesehatan dan tidak mengumpulkan massa serta konvoi.

Menurut anggota Bawaslu Kabupaten Ketapang, Ronny Irawan bahwa pihaknya telah melayangkan surat imbauan yang ditujukan kepada KPU Ketapang beserta tim kampanye mulai dari Martin-Farhan, Junaidi-Sahrani, Eryanto Harun-Mateus Yudi hingga Iin Solinar-Rahmad Sutoyo pada Senin (21/9) lalu.

“Dalam surat imbauan tersebut kita meminta agar Bapaslon tidak melakukan mobilisasi massa, konvoi baik pada saat penetapan pencalonan serta pengundian nomor urut,” katanya, Rabu (23/9).

Ronny menambahkan, pihaknya meminta baik kepada KPU maupun Bapaslon agar selama rangkaian penetapan hingga pencabutan nomor urut agar mematuhi protokol kesehatan termasuk untuk tidak melibatkan pihak-pihak yang dilarang sesuai ketentuan serta tidak menggunakan fasilitas negara diluar ketentuannya.

“Para Bapaslon harus komitmen untuk mematuhi protokol kesehatan, untuk itu Bawaslu akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, satpol pp serta satgas covid-19 untuk melakukan tindaklanjut sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan,” tegasnya.

Ronny berharap dengan imbauan yang telah disampaikan pihaknya dapat diikuti para pihak sehingga dapat bersama-sama menjaga keselamatan guna menekan potensi kekhawatiran kita bersama disaat pandemi seperti ini.

“Untuk penetapan bapaslon menjadi calon kami mengimbau KPU agar memastikan persyaratan pencalonan dan syarat calon harus telah terpenuhi sesuai ketentuan untuk menghindari adanya potensi sengketa,” tukasnya. (wan)