Dandim 1205/Sintang Tertawa Lepas Bersama Anak Batas Negeri

Delikcom.com, SINTANG – “Memanusiakan Manusia” memang begitu indah. Maknanya pun sangat dalam dan menyentuh hati. Hal tersebut dituntut untuk diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terlebih dalam berinteraksi dengan sesama manusia sebagai mahluk sosial.

Memanusiakan manusia ini salah satu dari 5 slogan Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 1205/Sintang tahun 2020 yang sudah berjalan selama dua hari.

Hal tersebut muncul ketika Dansatgas TMMD Reguler 109 Kodim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan hadir di lokasi sasaran yakni Desa Tirta Karya Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang ,dengan menyapa dan disambut tertawa lepas oleh anak-anak setempat.

Giat yang bakal digelar selama kurang lebih 1 bulan tersebut selain menggarap sasaran fisik juga non fisik salah satunya komunikasi sosial (komsos) dengan berinteraksi dengan masyarakat.

“Kita bersaudara, bersama Tuhan, menjaga NKRI dengan hati dengan 4 poin _breakdown_ berupa memanusiakan manusia, bekerja dengan hati, semangat kebermanfaatan bagi semesta dan berniat mengabdi kepada Tuhan, negara, rakyat dan kesatuan.”ujar Eko

Pedoman tersebut ditransliterasi ke Bahasa Dayak Iban menjadi *kitai semua saudara, bersama ngau tuhan, nyaga NKRI ngau ati baik*, (memensiakan mensia, bekerja ngau ati tulus, bersemangat ngau alam semesta dan mengabdi ngau Tuhan, negara, masyarakat dan kesatuan).

Esensi yang disampaikan kedua kata baik kemanusiaan dan humanisme memiliki hubungan atau keterikatan yang sama di mana kemanusian mengarah kepada sifat manusia sedangkan humanisme menunjukan paham atau ilmu tentang manusia. Pemaknaan kemanusiaan dan humanisme tidak boleh terpisah, agar tidak terjadi salah tafsir bagi orang yang menerima informasi terkait apa yang telah kita sampaikan.

“Kemanusiaan telah ada dalam diri setiap manusia sejak manusia diciptakan dan di saat manusia itu dilahirkan kedunia. Kemanusiaan merupakan sifat hakiki yang tertanam pada hati setiap orang, tanpa harus dibentuk atau dilatih.”gagas Dandim 1205/Sintang.

Mentalitas, keimanaan, dan bahkan moralitas akan mampu menguatkan kemanusiaan karena ketiga sikap tersebut merupakan tahapan yang melahirkan kemanusiaan yang mendasar pada diri manusia. Mentalitas, keimanan dan moralitas yang belum terasah dengan baik dan benar, tentunya tidak akan memunculkan kemanusiaan bagi individunya.sebab itu dirinya menegaskan kepada personil Satgas TMMD Reguler ke 109 Kodim 1205/Sintang untuk selalu berinteraksi kepada masyarakat setempat dimana dia di tugaskan agar tercipta gotong royong yang baik antara TNI bersama seluruh elemen di desa tersebut.(sus)