Komisariat Tarbiyah HMI Cabang Ketapang Gelar Latihan Kader 1

Delikcom.com, KETAPANG – Dengan tema ‘Revitalisasi Peran HMI untuk Indonesia yang Utuh serta Mewujudkan Masyarakat Adil Makmur’ Komisariat Tarbiyah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ketapang menggelar Latihan Kader 1 (LK 1) pada tanggal 3 hingga 5 Oktober 2020 yang diikuti kurang lebih 30 mahasiswa Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Haudl sekaligus melakukan rekrutmen anggota baru.

Ketua Komisariat Tarbiyah, Darmawan mengatakan, LK 1 HMI merupakan agenda wajib yang harus dilaksanakan dalam setiap tahun, mininal satu kali. Keharusan tersebut juga tertuang di Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) HMI.

“HMI berfungsi sebagai organisasi kader, atas dasar itulah LK I dilaksanakan. Alhamdulillah, dalam LK kali ini kita bisa merekrut hampir 30 mahasiswa untuk bergabung ke HMI,” kata Darmawan, Senin (5/10) siang.

Sementara Ketua HMI Cabang Ketapang, Elsitiana AMd Kom menjelaskan, latihan kader I adalah media pengaderan formal HMI yang manjadi syarat wajib untuk diikuti setiap mahasiswa ketika bergabung ke HMI.

“Dengan demikian, rekrutmen kader merupakan upaya aktif dan terencana di tubuh HMI guna mencapai tujuan organisasi,” jelas Elsitiana.

Dia manambahkan, sebagai konsekuensi dari organisasi kader, maka latihan kader akan terus menerus dilaksanakan oleh berbagai Komisariat di HMI Cabang Ketapang selagi ada mahasiswa islam ingin bergabung.

“HMI tetap eksis sampai saat ini dikarenakan proses pengaderan yang tidak pernah terputus. Namun selain rekrutmen, aspek kualitas juga manjadi fokus atau perhatian di setiap proses perkaderan di HMI,” tambahnya. (wan)