Danramil Nanga Tayap Berikan Percontohan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar

Delikcom.com, NANGA TAYAP – Danramil Nanga Tayap Kodim 1203/Ketapang, Kapten Inf Budi Santoso bersama empat orang anggotanya melaksanakan kegiatan percontohan pembukaan lahan tanpa di bakar yang berlangsung di Desa Cegolak Kecamatan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang, Kamis (15/10) sekitar pukul 09.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil bersama 4 Babinsa, Camat Nanga Tayap, Kapolsek Nanga Tayap, 2 anggota Manggala Agni Daops Ketapang, Perwakilan dari Management PT. BGA WIL. 8, Koordinator BPP, Kades Cegolak beserta Perangkat Desa
dan Masyarakat yang berjumlah sekitar 30 orang.

Kegiatan diawali dengan sambutan Muspika Nanga Tayap, dilanjutkan teori praktis pengolahan Cuka Kayu dari Manggala Agni, penjelasan pengolahan Pupuk organik dari BPP Nanga Tayap dan penjelasan tentang susunan penanaman dari Management PT. BGA.

Acara dilanjutkan dengan seremonial pembukaan lahan dan praktik pembuatan Cuka Kayu. Rencana jenis tanaman merupakan yang bernilai ekonomis dan tidak meninggalkan kearifan lokal,

Luas area yang akan dibuka seluas 0.5 hektar,
jenis yang akan ditanam, Padi, Porang, Kelengkeng dan Jengkol.

Danramil Nanga Tayap Kapten Inf Budi Santoso memberikan dukungan atas kegiatan yang dilakukan untuk membantu masyarakat.

” Saya Sangat mendukung sekali kegiatan ini dengan adanya suport dari PT BGA Groub, dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran lahan, merupakan solusi yang sangat optimal,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihak Koramil juga meminjamkan peralatan pembuatan Cuka Kayu sebagai suport pemberdayaan pengolahan kayu yang selama ini di bakar tanpa hasil yang maksimal.

” Melalui proses pembuatan Cuka Kayu, hasil pembakaran lebih terkontrol dan bermanfaat lebih banyak, diantaranya untuk Pestisida, Disinfektan, Suplemen pakan ternak, Deodoran dan pengental getah karet,” pungkasnya. (wan)