Debat Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Ketapang Akan Digelar Akhir Oktober

Delikcom.com, KETAPANG – Debat terbuka pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Ketapang akan digelar hari sabtu (31/10) mendatang di hotel Emeral Borneo Ketapang pada pukul 19.00 Wib.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ketapang hanya memfasilitasi satu kali debat terbuka antar pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Ketapang. Kegiatan tersebut digelar secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

” Sesuai ketentuan, debat publik diselenggarakan paling banyak tiga kali di masa kampanye. KPU Ketapang memfasilitasi debat publik sebanyak satu kali, yaitu di akhir Oktober 2020,” ujar Ketua KPU Ketapang Tedi Wahyudin.

Menurutnya, debat terbuka paslon merupakan salah satu metode kampanye yang difasilitasi oleh KPU provinsi atau KPU kabupaten/kota. Tujuannya menyebarluaskan pengenalan profil, Visi, Misi serta program kerja kepada pemilih dan masyarakat.

Termasuk memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya. Serta menggali lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat.

Dalam situasi pandemi, debat publik wajib mematuhi ketentuan status penanganan Covid-19. Di antaranya pembatasan jumlah undangan.

Baca Juga:  Manajemen PT WHW Mempersilahkan Karyawan Mencoblos Pada Pilkada 2020

“Hanya menghadirkan paslon, empat orang tim kampanye, Dua komisioner Bawaslu, dan lima komisioner KPU Ketapang,” katanya.

Terkait tema bahan debat publik antara lain upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional, memperkukuh NKRI dan kebangsaan, memuat materi kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan, dan pengendalian Covid-19.

” Untuk debat pertama besok, akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi TVRI Pontianak dan televisi swasta lokal. Dan bekerjasama dengan pengelola tivi kabel di ketapang supaya pemilih dapat menyimak di rumahnya masing-masing,” ungkap Tedi Wahyudin. (Wan)