Penerimaan Hasil Rekrutmen Calon PTPS Kecamatan Delta Pawan Diumumkan

Delikcom.com, KETAPANG – Secara resmi nama-nama calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Kecamatan Delta Pawan diumumkan oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Pengumuman dilakukan untuk memasuki tahapan berikutnya sebagai bahan masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap nama-nama Calon PTPS jika diketahui merupakan Anggota Partai Politik, Timses Paslon atau jika melanggar ketentuan yang dipersyaratkan.

“Pengumuman kita umumkan secara terbuka selain untuk memudahkan pelamar melihatnya juga agar masyarakat bisa mengakses dan melihat dan turut menginformasikan jika ada nama-nama yang dinyatakan sebagai Calon PTPS misalkan melanggar syarat-syarat yang telah ditentukan dalam rekrutmen ini,” ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Delta Pawan, Theo Bernadhi, Jumat (30/10).

Bacaan Lainnya

Ditambahkannya, para calon PTPS yang diumumkan telah mengikuti tahapan seleksi administrasi dan tes wawancara. Selanjutnya Panwaslu Kecamatan menunggu tanggapan masyarakat apakah ada laporan terkait adanya pelanggaran syarat rekrutmen dari para calon sesuai aturan yang diumumkan pada saat saat rekrutmen awal pada saat penerimaan.

“Masyarakat bisa menyampaikan tanggapan dengan mengisi formulir yang kami sediakan bisa diambil dikantor Panwascam Delta Pawan atau diunduh di Facebook Panwascam Delta Pawan. Pemberian tanggapan masyarakat dimulai sejak pengumuman disampaikan tanggal 28 Oktober hingga 3 November,”terangnya.

Theo menambahkan, peran aktif masyarakat dalam memberikan tanggapan menjadi bagian penting dalam hal proses rekrutmen PTPS agar dapat semakin memastikan calon PTPS merupakan mereka yang benar-benar non partisipan sehingga bisa menjadi bagian pengawas yang dapat bekerja profesional ke depannya.

“Meskipun kami telah melakukan seleksi sedemikian maksimal namun tanggapan dari masyarakat menjadi bagian yang penting, nantinya dari ratusan orang yang melamar hanya ada 173 orang yang diterima menjadi PTPS, dan jika tidak ada tanggapan masyarakat, maka nanti di awal Bulan November kami akan umumkan kembali secara resmi nama-nama Calon PTPS yang menjadi PTPS,” jelasnya.

Theo mengaku, kalau setelah pelantikan yang diperkirakan akan berlangsung pada pertengahan bulan November, pihaknya akan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) lanjutan setiap harinya kepada seluruh PTPS Delta Pawan dengan membagi zona dan waktu Bimtek dengan tujuan untuk memberi pemahaman dan penguatan yang maksimal.

“Untuk Panwascam Delta Pawan memang Bimtek lanjutan selalu kami agendakan dalam setiap pelaksanaan Pemilu, ini agar PTPS dapat secara maksimal memahami tugas, fungsi, kewenangan, kewajiban dan hak mereka,” tukasnya. (Wan)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Pos terkait