Tiga Pilar Mekar Utama Lakukan Pendampingan Pertanian Kepada Gapoktan

  • Whatsapp

Delikcom.com, KENDAWANGAN – Guna membantu dan memberikan dorongan motivasi kepada petani dimasa Pandemi Covid-19, Tiga Pilar Desa Mekar Utama, yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa melakukan pendampingan pertanian kepada kelompok tani “Maju Selaras” yang merupakan kelompok tani binaan Tiga Pilar yg ada di Desa Mekar Utama Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang.

“Aksi pendampingan ini diakukan sesuai anjuran Pemerintah, dimana saat ini pandemi Covid-19 belum menunjukan tanda akan berakhir, untuk itu saya bersama Bhabinkamtibmas, yaitu Brigpol Firman dan Babinsa, Sertu Edi Siswanta berupaya untuk membantu petani,” ucap Hartono selaku Pj. Kades Mekar Utama.

Bacaan Lainnya

Ia juga mengatakan hal ini dilakukan agar petani tetap produktif untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan pertanian yang ada, sehingga produksi pertanian tetap terjaga untuk mendukung kebutuhan pokok masyarakat dimasa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Jum’at (08/01/21), Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades Mekar Utama menyambangi kebun Percontohan milik Bhabinkamtibmas Brigpol Firman yang terletak di Dusun Sungai Gantang Desa Mekar Utama untuk memberi pengarahan dan bimbingan kepada petani. Serta membantu petani dalam hal pemasaran.

“Kebetulan rekan saya Kades Mekar Utama ini merupakan mantan petugas penyuluh pertanian Kecamatan Kendawangan, jadi beliau lebih faham tentang pertanian dan bisa memberikan pengarahan dan bimbingan kepada petani” ujar Firman sambil menunjuk Kades Mekar Utama.

Sementara itu, Sertu Edi Siswanya menyampaikan, bahwa selain memonitor dan memantau perkembangan Covid-19 diwilayah desa binaannya, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan juga Kades dituntut dapat melakukan langkah-langkah untuk menjaga produksi pertanian tanaman pangan dimasa pandemi Covid-19.

“Tugas kami selaku Tiga Pilar Desa Mekar Utama, selain memonitor dan memantau perkembangan Covid-19 di wilayah Desa Mekar Utama, juga melakukan langkah-langkah untuk menjaga produksi pertanian tanaman pangan dimasa pandemi ini,” tegasnya.

Ketua kelompok tani maju selaras, Yudi Setiawan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 1203-03/Kdw, Bhabinkamtibmas Polsek Kendawangan, dan juga Kades Mekar Utama yang selama ini telah turun tangan membantu mempelopori dan memberi pendampingan kepada Poktan Maju Selaras.

“Dengan pendampingan tersebut kami merasakan banyak dampak positif, terutama dalam hal pemasaran hasil panen, serta peningkatan pendapatan Poktan,” Imbuhnya.

“Dan kami juga berharap pendampingan pertanian tanaman pangan ini terus berlanjut, karena selama ini solusi selalu di berikan oleh pak Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades kepada kami terutama jika ada permasalahan diluar kemampuan Poktan kami,”sambung Yudi. (Fendi,S)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 1 times, 1 visits today)