Jembatan Putus, Jalan Propinsi Dari Manis Mata – Air Upas Lumpuh Total

Delikcom.com, MANIS MATA – Ruas jalan Provinsi yang menghubungkan Kecamatan Air Upas dengan Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang secara total tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda Empat maupun roda 6 lantaran beberapa jembatan yang berada diruas jalan tersebut rusak parah.

Tidak berfungsinya jalan tersebut karena ada satu buah jembatan yang rusak total karena badan jembatan yang terbuat dari kayu yang letaknya di Desa air Dekakah Manis Mata sudah hancur sehingga jalan tersebut putus dan tidak bisa dilewati.

Ironisnya ada juga satu diantara jembatan yang berada dijalan tersebut sudah rusak padahal baru diperbaiki sekitar satu tahun yang lalu. Ini karena diduga pembangunan jembatan tersebut menggunakan bahan dari kayu lokal yang semestinya tidak layak untuk dijadikan bahan jembatan.

Jembatan yang baru dibangun sekitar satu tahun yang lalu diduga menggunakan bahan kayu lokal

Satu diantara warga yang melintas, Pendi (48) mengeluhkan karena tidak bisa melalui jalan tersebut lantaran adanya jembatan yang sudah rusak parah sehingga jalan tersebut menjadi putus.

” Padahal jalan propinsi antara Kecamatan Manis Mata ke Air Upas hanya berjarak sekitar 49 Km dan menjadi harapan masyarakat sebagai insfrstruktur yang dekat dibandingkan harus melalui jalan perkebunan yang agak jauh dan sekarang sudah rusak parah juga pada musim penghujan seperti ini,” ujar Pendi, Kamis (14/1/21).

Pendi berharap kepada Gubernur Kalimantan Barat bisa memberikan perhatian serius terutama insfrstruktur yang berada di daerah pedalaman apalagi Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan propinsi Kalimantan Tengah.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Agus (45) warga Ketapang yang melintas jalan tersebut karena hendak pulang ke Ketapang dari Manis Mata.

” Ditengah perjalanan terpaksa kami harus putar haluan lagi berbalik dan mencari jalan yang bisa dilalui untuk menuju ke Kecamatan Air Upas. Karena jembatan yang ada sudah jebol tidak bisa dilalui sehingga harus memakan waktu lagi untuk berbalik arah mencari jalan yang bisa dilalui untuk sampai ketujuan,” keluhnya.

Agus berharap kepada pihak terkait untuk segera mengambil langkah sebelum adanya korban dan menjaga ruas jalan agar tidak sempit menjadi hutan karena tidak bisa dilalui.

“Jangankan kendaraan jenis mobil untuk sepeda motor saja harus berhati-hati karena hanya sedikit jalan yang bisa dilalui ditepi jembatan yang rusak tersebut” ungkapnya. (wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
33 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
33 %
Surprise
Surprise
33 %