Awak Media Salah Satu Prioritas Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
Foto : Beberapa awak media telah mengikuti suntik vaksin Covid-19 tahap pertama

Delikcom.com, Ketapang – Profesi sebagai wartawan yang bekerja memburu berita dan selalu melakukan kontak langsung dengan berbagai pihak menjadi salah satu prioritas untuk mengikuti program Vaksinasi Covid-19 oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Kesehatan.

Berdasarkan pantauan, sekitar ratusan orang lebih mengikuti suntik vaksin tahap pertama selain awak media juga dari tokoh agama, Pengadilan Negeri, Kejaksaan dan dari beberapa Dinas Instansi yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Ketapang, Rabu (10/3/21).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan Ketapang melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Basaria Rajagukguk menjelaskan bahwa pihaknya mempunyai ide untuk program vaksinasi ini para awak media merupakan salah saru prioritas.

” Awak Media kan selalu mencari berita. Tentunya berkontak terus dengan orang – orang yang berbeda-beda, jadi rawan tertular covid. Maka dari itu, awak media harus diberi perlindungan vaksinasi mengingat mobilenya tinggi karena bekerja dengan berburu berita-berita,” jelas Basaria.

Ia menambahkan, selain awak media pihak lain pun juga menjadi prioritas yang sama namun tetap bertahap sesuai datangnya ketersediaan vaksin.

” Untuk pihak lain tetap diberlakukan prioritas yang sama namun bertahap sesuai datangnya vaksin yang datangnya bertahap dan terbatas. Jadi kita berlakukan azas prioritas sesuai kemampuan jumlah vaksin yang diterima untuk Kabupaten Ketapang. Jadi mohon bersabar bagi yang belum divaksin,” tuturnya.

Bagi yang sudah divaksin maupun yang belum, Basaria menghimbau untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan 5M yaitu, Menjaga Jarak, Menggunakan Masker, Mencuci tangan, Mengurangi mobilisasi yang tidak perlu dan menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga, makan yang sehat dan kontrol kesehatan.

” Bagi yang sudah di vaksin maupun yang belum tetap prokes 5M harus dilaksanakan dengan disiplin karena imun tubuh belum terbentuk sempurna. Selain kemungkinan bisa tertular juga menularkan ke orang lain terutama yang kondisi kesehatannya rentan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK), Theo Bernadhi menyambut baik vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Ketapang.

” Kami dari AJK bersama dengan beberapa rekan media lainnya mengikuti vaksin yang difasilitasi oleh Pemda melalui Dinas Kesehatan. Tentunya kami menyambut baik vaksinasi ini mengingat ini menjadi salah satu ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi khususnya di Kabupaten Ketapang,” ujar Theo.

Dirinya berharap, kedepan vaksin ini juga menyasar ke masyarakat yang lebih luas khususnya pihak-pihak yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat ramai sehingga ini memang lebih efektif.

” Kita berharap vaksin ini menjadi solusi yang ampuh dalam kita menangani pandemi yang saat ini masih terjadi. AJK juga menghimbau masyarakat untuk tidak abai walaupun sudah di vaksin namun tetap disiplin melaksanakan prokes 5M karena ini juga bagian bagi kita untuk menghindari penularan Covid-19,” tukasnya. (wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait