Daops Manggala Agni Kalimantan X Ketapang Gelar Patroli Terpadu

  • Whatsapp

Delikcom.com, KETAPANG – Sebagai upaya pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) sebelum masuknya musim kemarau tahun 2021, Manggala Agni Daops Ketapang menggelar Patroli Terpadu di empat desa diwilayah kerja Daops Ketapang. Patroli Terpadu.

Sekretaris Daops Manggala Agni Kalimantan X Ketapang, Sandi Sopiyandi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Patroli Terpadu merupakan bagian dari kegiatan utama Kementrian LHK dalam upaya pencegahan Karhurla.

Bacaan Lainnya

“Patroli terpadu ini merupakan salah satu terobosan dalam pelibatab berbagai pihak ditingkat tapak dalam mencegah Karhutla. Kali ini dilakukan di empat desa yakni Desa Pesaguan Kiri Kecamatan Matan Hilir Selatan, Desa Sungai Putri Kecamatan Matan Hilir Utara, Desa Kedondong Kecamatan Kendawangan dan Desa Sejahtera Kecamatan Sukadana Kabupatan Kayong Utara,” katanya, Senin (31/5).

Dia melanjutkan, untuk melaksanakan patroli terpadu ini dibentuk tim tiap desa yang beranggotakan lima orang diantaranya dari Manggala Agni, TNI, Polri dan perwakilan masyarakat.

“Patroli dilakukan secara bergilir pada sasaran terpilih dengan menggunakan kendaraan roda 2 agar dapat mengakses lokasi tujuan,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam patroli terpadu tim yang dibentuk akan melakukan kordinasi dengan aparat setempat, mendatangi sasaran terpilih dan memberikan sosialisasi, membagikan brosur dan pamplet imbauan, mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan Karhutla hingga melakukan pemadaman awal pada saat menemukan kebakaran dini dan melaporkan hasil pelaksanaan patroli.

“Sosialisasi dari pintu ke pintu kita akan lakukan selain mendeteksi dini tingkat kerawanan kebakaran dengan basis desa dan tentunya dalam menjalankan tugas akan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Dia berharap, melalui patroli terpadu ini Karhutla khususnya di Ketapang dapat menurun sehingga tidak terjadi lagi kejadian kabut asap yang berbahaya bagi masyarakat. (wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pos terkait