Borneo Forum Ajak Semua Elemen Masyarakat Perangi Corona

Delikcom.com, Sintang – Putus mata rantai Covid-19 Borneo Forum Kalimantan Barat menggelar webinar dan aksi bagi masker gratis di Sintang kota pada Sabtu,(26/6/2021).

Giat yang diawali dengan webinar itu sendiri berlangsung di aula CU Keling Kumang Jalan Oevang Oeray Baning Kota Sintang, dengan menghadirkan Bupati Sintang Jarot Winarno selaku ketua Tim Satgas Penanganan Covid -19 Kabupaten Sintang, menjadi keynote speaker sekaligus membuka kegiatan Webinar Borneo Forum yang mengusung tema “Tingkat Kepatuhan Masyarakat di Wilayah Kabupaten Sintang Terhadap Protokol Kesehatan Untuk Menekan Angka Penularan Covid-19.

Bacaan Lainnya

Tiga nara sumber yang turut dihadirkan dari Tim Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Sintang , yakni Dandim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan selaku wakil ketua 1, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harysinto Linoh, Kasat Binmas Polres Sintang AKP.Joni Mardiyanta mewakili Kapolres selaku wakil ketua 2 satgas.Direktur Borneo Forum H. M. K. Candra, yang di pandu oleh moderator Ruflna Sekunda, yang merupakan seorang tenaga pendidik.

Kesempatan itu Bupati Sintang Jarot Winarno mengulas tuntas soal perkembangan Covid -19 serta sejumlah langkah penangananya di kabupaten tersebut,

Untuk penanganan penanggulangan COVID-19 di Sintang, Kalbar, pemerintah menerapkan strategi Tes, Telusur dan Isolasi (TTI). Ini dilakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran COVID-19 di Sintang.

Ia mengatakan, bukan hanya itu saja yang dilakukan tetapi juga tepat hari dilakukan gebyar vaksinasi bagi masyarakat sintang dan pada umumnya yang digelar di 6 titik .

“Bagi masyarakat Sintang yang belum di vaksin silahkan datang cukup membawa KTP saja dan gratis tidak dipungut biaya,”tegasnya.

Ditemui usai membuka webinar , Jarot sangat mengapresiasi giat yang digelar oleh generasi muda ini , sehingga dapat membantu pemerintah dalam upaya menekan angka Covid-19 di Sintang.

“Sangat apresiasi ya giat ini, para kawula muda, kaum milenial membuat kegiatan yang positif, dari pada kumpul-kumpul diwarung kopi yang tidak ada hasil, saya kira gagasan yang luar biasa ini sehingga dapat membantu pemerintah dalam mencegah Corona tentunya,”timpalnya.

Apresiasi juga datang dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harysinto Linoh.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Borneo Forum , giat ini juga membuka wawasan bagi kaum milenial kepada masyakat luas apa yang harus dilakukan untuk menurunkan angka Covid-19 di kabupaten Sintang, dengan mendatangkan pak Bupati, pak Dandim serta Kasat Binmas ini sungguh luar biasa,”ucapnya.

Ditambahkanya ini merupakan giat yang positif dari pada kumpul di warung kopi mendapatkan narasumber yang tidak jelas , gelar seperti ini maka sangat jelas dan dapat menangkal berita hoax.

Sementara Kasat Binmas Polres Sintang AKP.Joni Mardiyanta mengaku pihaknya melalui bidang Bimas ,juga melakukan banyak gebrakan untuk selalu melakukan sosialisasi prokes Covid-19.

“Kami pihak Polres dalam membantu penurunan angka Covid -19 ,melalui bidang binmas selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu taat prokes,” ujarnya.

Sementara Dandim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan membeberkan bahwa kiprah TNI dalam membantu pemerintah dalam program penurunan angka Covid -19 di kabupaten Sintang.

“Kami Kodim 1205/Sintang melalui babinsa yang tersebar di koramil-koramil mengajak warga masyarakat binaan untuk selalu taat prokes dengan mengeterapkan 5M,”bebernya.

Direktur Borneo Forum M.K.Candra mengatakatan pihaknya tergerak untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 di kabupaten Sintang yang hingga kini belum berujung, dengan mengajak masyarakat , semua elemen masyarakat kabupaten setempat untuk ikut vaksinasi sehingga stikma, berita hoax yang berkembang di tengah masyarakat akan segera berubah.

“Kita harus dapat melawan Corona agar keadaan kembali normal, Borneo Forum ini mengajak semua untuk dapat menjalankan peranya masing-masing baik itu organisasi keagamaan, tokoh pemuda , alim ulama’, organisasi mahasiswa dan lain sebagainya, semua bergerak bersama-sama untuk memerangi Covid-19 di kabupaten Sintang ,”beber Candra.

Pria yang latar belakangnya akademisi ini membeberkan rangkaian kegiatan yang digelar Borneo Forum saat ini , diawali dengan webinar baik off line maupun online , dilanjutkan dengan aksi pembagian 1000 kotak maskes gratis bagi masyarakat sintang serta sosialisasi prokes.

(sus)

(Visited 19 times, 1 visits today)

Pos terkait