Gelar Deklarasi Damai Sambut Pilkades Serentak 15 Juli Mendatang

  • Whatsapp
Deklarasi damai Pilkades Kendawangan kiri

Delikcom.com, Kendawangan – Tinggal hitungan hari atau tepatnya seminggu lagi pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Ketapang akan digelar tak terkecuali di Kecamatan Kendawangan, sedikitnya ada 10 desa dari 19 desa yang ada di Kecamatan Kendawangan mengadakan Pilkades.

Kamis (8/7/2021) sebanyak 7 desa dari 10 desa yang akan menggelar Pilkades mengadakan Deklarasi Damai yang dilakukan di depan halaman kantor camat Kendawangan dengan dihadiri Forkopimcam Kendawangan dan seluruh panitia Pilkades di masing masing desa sementara untuk 3 desa terjauh yaitu desa Pembedilan, Air Hitam Hulu dan desa Nataikuini akan digelar di desanya masing-masing. Deklarasi Damai Pilkades yang langsung dibacakan oleh Camat Kendawangan Eldyanto S.Sos M.M. didampingi Kapolsek Kendawangan IPTU Indrawan Wira Saputra dan Danramil 1203-03 Kendawangan Kapt.Inf Mardianus dihadapan calon kepala desa dan panitia Pilkades yang isinya sebagai berikut ; Bahwa Kami Calon Kepala Desa :
1. Sepakat bersama sama akan mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades secara damai, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab demi terlaksananya Pilkades serentak tahun 2021 secara demokratis.
2. Siap mematuhi dan melaksanakan segala ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades serentak.
3. Bertekad menciptakan situasi yang kondusif selama pelaksanaan Pilkades serentak.
4. Siap menang dan kalah dalam Pilkades serentak.
5. Siap menerima dan menghormati semua yang menjadi keputusan panitia Pilkades dan tidak akan mempermasalahkan.
6. Tidak akan melakukan pelanggaran tahapan Pilkades (termasuk didalamnya menyatakan tidak mengundurkan diri sebagai calon kepala desa yang sudah ditetapkan), tidak akan melakukan pelanggaran perdata maupun pidana.
Apabila melanggar apa yang tercantum dalam deklarasi damai ini, bersedia dikenakan sangsi moral, administrasi dan dituntut sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya setiap calon kepala desa menandatangani isi kesepakatan deklarasi damai ini dihadapan Forkopimcam Kendawangan dan juga panitia Pilkades khususnya ketua dan sekretaris ikut serta menandatangani kesepakatan tersebut.

Di hari yang sama Forkopimcam Kendawangan juga sekaligus mengadakan rapat sosialisasi dan tata tertib pelaksanaan Pilkades serentak yang dilaksanakan diruang rapat kantor camat Kendawangan dan dihadiri juga oleh calon kades dan panitia Pilkades dari 7 desa.

Camat Kendawangan Eldiyanto S.Sos M.M didampingi Forkopimcam lainnya dalam arahannya mengatakan demi suksesnya pelaksanaan Pilkades yang aman dan damai saat pandemi Covid-19 ini hendaknya Prokes tetap harus dipatuhi, ” ditekankan kepada seluruh masyarakat, calon kades dan panitia Pilkades untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di tiap tahapan penyelenggaraan Pilkades agar berlangsung tertib, aman dan damai serta menghindari kluster baru Pilkades, ” paparnya.

Ditambahkannya juga dihimbau kepada setiap calon kades untuk tetap mematuhi rambu-rambu yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dan oleh panitia Pilkades, dikatakannya lebih lanjut apabila ada terjadi komplain terkait pelaksanaan Pilkades hendaknya bisa diselesaikan di tingkat Panitia, Desa dan Kecamatan sebagai sub panitia Pilkades, ungkapnya.

( Fendi’s )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 13 times, 1 visits today)

Pos terkait