Lokakarya Hasil Inventarisasi Kosakata Bahasa Daerah Kabupaten Ketapang

Delikcom.com, Ketapang – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat gelar kegiatan Lokakarya hasil inventarisasi kosakata bahasa daerah di Kabupaten ketapang yang diadakan di Ruang Pertemuan Onix Hotel Jalan LetKol M Tohir Kecamatan Delta Pawan Ketapang, Kamis (26/8/21).

Kegiatan dihadiri Asisten II Setda Ketapang, dan 40 Peserta yang terdiri dari berbagai unsur diantaranya Majlis Adat Budaya Melayu Ketapang, Perkumpulan Lawang Kekayun Ketapang, Persatuan Orang Melayu Ketapang. Unsur Pendidik atau Guru di Kabupaten Ketapang dan tokoh tokoh lainnya.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Penyelenggara ida Herawati, S.Pd. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan dalam rangka mendiskusikan serta menyumbangkan bahasa daerah yang ada di Kabupaten Ketapang kedalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kepala balai bahasa KalBar, Suharyanto,S.S.Ma berupaya Agar bahasa Melayu di ketapang juga turut disertakan dalam KBBI.

” Mengingat pentingnya membakukan Bahasa Melayu yang ada di Kabupaten Ketapang maka kita berupaya agar Bahasa Melayu di Ketapang dimasukan dalam KBBI,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Ketapang, Drs.H.Marwannur, MM menyampaikan sambutan tertulis Bupati Ketapang diantaranya mengingatkan agar selalu menjaga protokol kesehatan tetap dilaksanakan.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa Ketapang memiliki dua suku besar diantaranya Melayu dan Dayak. Dalam berbahasa dimana ketapang juga memiliki bahasa ibu yaitu bahasa Melayu.

” Dengan banyaknya organisasi Melayu dihimbau agar tetap dan bersatu dalam mengeksplor budaya melayu Ketapang,” katanya.

Dengan adanya kegiatan ini semoga bahasa ketapang bisa dikenal serta bisa mempertahankan atau menambah eksistensi melayu ketapang di tingkat nasional atau bahkan internasional.

(Ardhianto,S.Pd.I)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 76 times, 1 visits today)

Pos terkait