Sistim Jemput Bola PN Sintang Gelar Sidang Diluar Gedung Pengadilan

  • Whatsapp
PN Sintang gelar sidang perkara perdata di ruangan kantor Bupati Melawi

Delikcom.com, Sintang – Tindak lanjuti MoU dengan Pemda Melawi, Pengadilan Negeri Sintang jemput bola dengan menggelar sidang diluar gedung pengadilan perkara perdata permohonan pada Jumat,(10/9) di Kantor Bupati Melawi pagi.

Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Hakim Ketua Diah Pratiwi, S.H.,M.H dan Panitera Pengganti Rony Budiman, SH

Bacaan Lainnya

Ketua Pengadilan Negeri Sintang Johanis Dairomalo,SH.M.H melalui Juru Bicara PN Satra Lumbantoruan, SH.MH.
Menyatakan bahwa pihaknya telah menggelar dua sidang diluar kantor PN Sintang, perkara perdata dengan agenda pengabulan permohonan penetapan satu orang yang sama.

“Permohonan ini sebagai tindak lanjut dari MoU antara Pemkab Melawi dan Pengadilan Negeri Sintang pada 1 September 2021 lalu,dan saat ini kami menggelar persidangan dua perkara ,dengan agenda hari ini memeriksa perkara dan permohonan penetapan satu orang yang sama,” bebernya.

Dua perkara perdata tersebut yakni Syarifah dan Tuti yang keduanya ada kesalahan nama saat mendapatkan SK PNS . Yakni Sarifah seharusnya Syarifah, kemudian Suti seharusnya Tuti.

Innovasi pelayanan PN Sintang, lanjut dia dengan pola Semanis Madu ( sistem administrasi kependudukan terpadu) dengan slogan one gate service one day service…semakin dekat semakin cepat semakin hemat.

“Inti nya adalah inovasi semanis madu ini merupakan innovasi dalam mendukung Pengadilan Negeri Sintang mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2021,” kata Satra.

” Sedangkan dalam Peraturan Mahkamah Agung RI No 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan yang merupakan revisi dari Surat Edaran Mahkamah Agung RI No 10 tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum, ditujukan untuk memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di pengadilan meliputi Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Posbakum Pengadilan di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara. Pasal 1 (1). Bantuan hukum tersebut meliputi menjalankan kuasa, mendampingi, mewakili, membela, dan/atau melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum Penerima Bantuan Hukum, yang bertujuan untuk Menjamin dan memenuhi hak bagi Penerima Bantuan Hukum untuk mendapatkan akses keadilan.” ungkapnya.

Pasalnya dalam upaya untuk mewujudkan hak konstitusional semua warga Negara sesuai dengan prinsip persamaan kedudukan di dalam hukum.
Menjamin kepastian penyelenggaraan Bantuan Hukum dilaksanakan secara merata di seluruh wilayah Negara Indonesia.
Mewujudkan peradilan yang efektif, efisisen, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan terselenggaranya sidang perkara perdata di Kabupaten Melawi tersebut mendapat respon positif dari masyarakat setempat diantaranya yakni Syarifah fan Suti.

Syarifah yang merupakan Guru SDN 2 Kota Baru , Kabupaten Melawi merasa sangat terbantu dengan adanya sidang di Kantor Bupati Melawi tersebut, sehingga dirinya tak harus merogoh kocek dalam-dalam , dan butuh waktu lama untuk menempuh waktu ketempat sidang.

“Alhamdulillah sidangnya di Melawi , jadi kami tak butuh biaya banyak, dan tak menguras waktu untuk datang ketempat sidang,”ujarnya usai permohonan ya di kabulkan oleh PN Sintang.

Hal senada dikatakan Suti bahwa sidang yang dilakukan di Melawi dirinya sangat terbantu dan prosesnya tidak butuh waktu lama.

“Sidang diadakan di Melawi sangat membantu kami dan meringankan kami karena tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor PN Sintang,”pungkasnya.(sus)

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 44 times, 1 visits today)

Pos terkait