Kafilah Kabupaten Ketapang MTQ Ke-29 Tingkat Provinsi Kalbar Di Kabupaten Sintang

Kafilah Kabupaten Ketapang siap berkompetisi di MTQ Ke-XXIX tingkat provinsi kalbar di Sintang. (ist)

SINTANG – Bupati Ketapang yang diwakili oleh Asisten I Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Radiansyah, S.H., MH menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Provinsi Kalbar di Kabupaten Sintang yang dipusatkan di Stadion Baning, Sabtu (11/12/2021) malam.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, SH., M.Hum secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Provinsi Kalbar di Kabupaten Sintang yang dipusatkan di Stadion Baning.

Bacaan Lainnya

Gubernur dalam sambutannya mengatakan bahwa Kalbar dulunya merupakan kiblat para Qori-Qoriah, Hafidz-Hafidzah, dan sebagainya.

“Era keemasan itu harus dicapai kembali untuk itu MTQ tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga Provinsi harus terus digiatkan dan dilaksanakan” ujar Beliau.

Lebih lanjut Gubernur juga berharap kepada para Dewan Hakim sebagai pihak yang dinilainya paling tahu titik kelemahan para peserta MTQ XXIX Kalbar.

“Kelemahan itu bisa dijadikan catatan untuk perbaikan kedepan sehingga bisa menjadi bahan evaluasi kita dalam mempersiapkan para kontingen Kalbar di arena MTQ atau STQ tingkat nasional.” ujar Beliau.

Selain itu Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wali Kota se-Kalbar yang hadir pada pembukaan MTQ XXIX Kalbar malam ini.

Menurutnya kehadiran bersama Bupati dan Wali Kota se-Kalbar adalah bukti nyata kebersamaan dan empati atas banjir dialami Sintang maupun sejumlah Kabupaten lainnya.

“Saya berharap kebersamaan kita sebagai warga Kalbar terus terjalin tanpa memandang agama, etnis, bahasa dan lain sebagainya. Dengan kebersamaan itu saya yakin kita bisa membawa Kalbar sejajar dengan provinsi-provinsi lainnya, walaupun dengan keterbatasan.” Tuntas Beliau.

Pembukaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalimanta Barat ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Sutarmidji, Bupati Sintang, Ketua LPTQ Kalbar, serta pemukulan tar oleh Bupati/Wali Kota se-Kalbar.

Pembukaan tersebut turut dimeriahkan dengan penampilan drumband dan defile kafilah serta penampilan tarian kolosal multi etnis berjudul Senandung Kitabullah di Bumi Senentang yang dapat disaksikan pula melalui siaran langsung di Channel Youtube MTQ XXIX Kalbar selain itu juga menampilkan Juara Nasional STQ dan MTQ asal Kalbar Malikah Khaira Khalqillah.

Untuk diketahui, MTQ XXIX Kalbar ini nantinya akan dilaksanakan di beberapa tempat yaitu Panggung Utama di Stadion Baning, Masjid Al Amin, Masjid Agung An Nur, Masjid Miftahul Jannah, Masjid Jami Sultan Nata Sintang, Rumah Adat Melayu dan MTsN 1 Sintang. Adapun jumlah peserta dan pendamping yang terdaftar sebanyak 600 orang dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar.

Adapun Cabang yang diikuti Kafilah Kabupaten Ketapang pada MTQ KE-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang yaitu: Tilawah Tartil 2 Kafilah, Tilawah Anak-Anak 2 Kafilah, Tilawah Remaja 2 Kafilah, Tilawah Dewasa 2 Kafilah, Tilawah Qira’at Saba’ah Mujawwad Dewasa 2 Kafilah, Tilawah Qira’at Saba’ah Murratal Dewasa 2 Kafilah, Tilawah Qira’at Saba’ah Murratal Remaja 2 Kafilah, Tilawah Tuna Netra 2 Kafilah, Tilawah Usia Emas 2 Kafilah, MHQ 1 Juz dan Tilawah 2 Kafilah, MHQ 5 Juz dan Tilawah 2 Kafilah, MHQ 10 Juz 2 Kafilah, MHQ 20 Juz 1 Kafilah, MHQ 30 Juz 2 Kafilah, Tafsir Bahasa Indonesia 1 Kafilah, MSQ Syahril Qur’an 6 Kafilah, MSQ Naskah 2 Kafilah, MSQ Hiasan Mushaf 2 Kafilah, MKQ Dekorasi 2 Kafilah, MKQ Kontemporer 1 Kafilah, MHN 100 Hadist dengan Sanad 2 Kafilah, MHN 500 Hadist 2 Kafilah dan MFQ/CCQ Fahmil Qur’an 6 Kafilah.

(wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 240 times, 1 visits today)

Pos terkait