Jadikan Desa Manis Mata Menjadi Desa Mandiri Tertib Administrasi

Pelantikan perangkat Desa Manis Mata di kantor Desa Manis Mata. (ist)

Delikcom.com, Manis Mata – Kepala Desa Manis Mata Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang secara resmi melantik Kepala Dusun, Ketua RT dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta Linmas diwilayah Desa Manis Mata, Selasa (28/12/21) di aula kantor Desa Manis Mata.

Acara pelantikan dihadiri Forkopimcam Manis Mata, BPD, tokoh masyarakat tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, Empat orang Kepala Dusun, 14 ketua RT beserta LPM, Linmas, PKK desa dan undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Kepala Desa (Kades) Manis Mata, H Said Sopiandi menyampaikan perlu diadakannya penyegaran terhadap perangkat desa dengan pertimbangan ada yang mengundurkan diri dan juga memang harus disegarkan berdasarkan penilaian kinerja dengan tujuan untuk bisa membantu kinerja kades terutama tertib administrasi untuk Enam tahun kedepan.

” Perlu dilakukan penyegaran perangkat desa untuk membantu kinerja kades dengan tekad akan mengoptimalkan kinerja dengan mengaktifkan kerja mulai dari RT, dusun dan juga LPM serta Linmas. Kami ingin menjadikan Desa Manis Mata menjadi Desa Mandiri yang tertib administrasi, jadi setiap pengurusan administrasi akan diaktifkan mulai dari tingkat RT dan Dusun tanpa pengantar mereka desa menolak karena harus dilengkapi pengantar RT dan Dusun,” tegas kades.

Said Sopiandi menambahkan, setiap adanya permasalahan warga yang sifat sengketa atau urusan warga atau keluarga sebaiknya diselasikan di RT atau dusun terlebih dahulu jika belum bisa diselesaikan ditingkat RT atau Dusun baru diselesaikan ke tingkat Desa.

” Dan kalaupun ada warga dicurigai yang bermasalah hukum jangan buru-buru bawa kekantor polisi selesaikan ditingkat RT atau Desa kecuali yang bersifat kriminal khusus seperti pembunuhan perampokan pemerkosaan dan lain-lain,” tuturnya

Kades juga berjanji akan menambah honorarium ketua RT untuk tahun 2022 nanti. Kepala Desa juga akan memberikan Reward bagi perangkat desa yang dinilai berprestasi terhadap kinerjanya dan melakukan evaluasi terhadap perangkat desa yang dinilai kurang aktif.

Kades juga menekankan kepada Ketua RT, Kepala Dusun dan perangkat lainnya agar dilingkungan wilayahnya selalu memantau setiap warga mana pendatang atau tamu-tamu karena Kamtibmas diprioritaskan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

” Untuk hubungan dengan masyarakat para perangkat desa harus menyerap segala usulan atau pendapat dari pada masyarakat sehingga bisa disampaikan ke kepala desa. Sementara bidang PKK terus diaktifkan diantaranya kegiatan PKK seperti Dasa Wisma, pengajian dan lain-lain,” pungkasnya.

Setelah pelantikan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk ucapan syukur atas pelaksanaan pelantikan perangkat periode 2022 – 2027 serta pemberian penghargaan kepada Gunawan sebagai ketua RT terlama di Desa Manis Mata.

(wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 88 times, 1 visits today)

Pos terkait