Rumah Sehat Munzalan Gelar Khitanan Massal 1000 Anak Sholeh

Manager BMI pusat, dr Gustafianza bersama Manager BMI Cabang Ketapang, Edi Karnain ditengah kegiatan Khitanan Massal. (foto : wan)

Delikcom.com, Ketapang – Masjid Kapal Munzalan bekerjasama dengan Rumah Sehat Munzalan berkolaborasi dengan Ambawang Parma, Paskas, Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI) pusat serta BMI cabang Ketapang bekerjasama dengan Rumah Sakit Agoesdjam Ketapang melaksanakan program kegiatan Khitanan Massal (Kanmas) 1000 anak Sholeh yang berlangsung di jalan KH Wahid Hasyim Ketapang, Minggu (13/2/2022).

Manager Rumah Sehat Munzalan Baitulmaal Munzalan Indonesia, dr Gustafianza menerangkan bahwa kegiatan ini dinamakan Kanmas 1000 anak sholeh atau Khitanan Massal untuk 1000 anak Sholeh.

Bacaan Lainnya

” Anak sholeh ini cakupannya luas bisa untuk anak yang memang berasal dari anak yang sholeh seperti anak pondok pesantren, anaknya ulama, penghapal Al-qur’an, anak yatim piatu, anak guru ngaji, mualaf dan anak kurang mampu semua ini merupakan penerima manfaat dari program Kanmas 1000 anak sholeh ini,” terang dr Gustafianza.

Ditambahkannya, sesuai rencana ada sekitar 55 orang anak yang akan dilakukan Khitanan Massal pada hari ini yang mana kita bisa menerima lebih dari jumlah tersebut namun karena mengikuti protokol kesehatan jadi diambil sesuai aturan takut terjadinya penumpukan yang akan menjadi masalah. Dari 55 anak yang terdaftar ada 46 anak yang di Khitan.

” Alhamdulillah program ini dimulai pada bulan Juni 2021. Dan pada bulan Juni hingga Desember 2021 ada sebanyak 1.092 anak yang sudah di khitan, 70 persen dari jumlah tersebut ada di Kalimantan Barat sisanya ada di Samarinda dan Yogyakarta. Januari hingga Pebruari 2022 sudah sekitar 200 anak yang di Khitan. Jadi target kita minimal 1000 anak yang di Khitan,” tutur Gustafianza.

Program yang dilakukan biaya operasionalnya berasal dari para donatur yang menyisihkan rezekinya. Selain Khitanan Massal program Indonesia sehat lain yang dilaksanakan seperti berbagi kacamata gratis, program buka massal, Rukiyah massal, sumur bor dan lain-lain.

” Khusus di Kabupaten Ketapang apabila ada donatur yang ingin menyisihkan rezekinya membantu program ini bisa saja datang langsung ke Kantor BMI Ketapang jalan KH Wahid Hasyim belakang masjid Al-Ikhlas Ketapang,” ajaknya.

Sementara itu Manager Rumah Sehat Munzalan Baitulmaal Munzalan Indonesia Cabang Ketapang, Edi Karnain berharap kegiatan program Khitanan Massal ini berlangsung setiap bulan atau paling tidak dalam Satu Tahun akan dilaksanakan minimal satu kali.

” Informasi akan diadakannya kegiatan Khitanan Massal ini telah disampaikan melalui orang tua asuh yang telah terdaftar kemudian melalui pondok pesantren, para Ketua RT, kepala desa dan rekan-rekan komunitas. Jadi kita minta datanya dan dilakukan seleksi mana-mana anak yang layak mendapatkan Khitanan Massal gratis,” jelas Edi.

Lebih lanjut Edi memaparkan, selain mendapatkan bantuan khitanan secara gratis anak tersebut mendapatkan makanan dan juga bingkisan berupa kopiah, kain sarung dan Al-qur’an.

” Dalam pelaksanaan Khitanan ini kami melibatkan petugas medis dari rumah sakit Agoesdjam sebanyak 23 orang yang melakukan khitanan. Kemudian dari komunitas Bisa Sedekah yang menyuplai makanan juga dari dakwah ulama menyiapkan dana operasional,” ungkapnya.

Edi Karnain berharap, kedepannya kehadiran BMI Cabang Ketapang harus banyak memberikan manfaat dan menjadi jembatan amal sholeh dengan mempertemukan dermawan atau orang kaya yang sholeh, orang kaya yang baik dengan orang yang tergolong 8 Asnaf yang wajib dibantu.

” Dengan pihak Pemerintah Daerah kita akan melakukan program distribusi akbar yang berkolaborasi dengan dinas instansi yang ada. Sebentar lagi kita akan menghubungi Wakil Bupati Ketapang untuk melakukan pendistribusian akbar supaya para masyarakat Ketapang merasa terbantu dengan adanya infaq beras,” tutupnya.

(wan)

Happy
Happy
50 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
50 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 108 times, 1 visits today)

Pos terkait