Tiga Ulama Akan Hadir Pada Acara Haul Jama’ Dan Ziarah Akbar Di Kelurahan Tuan-Tuan Ketapang 

Binner kegiatan acara haul Jama' dan ziarah Akbar.

Delikcom.com, Ketapang – Sesuai rencana kedatangan Ulama dari tiga kota ke kota Ketapang Kalimantan Barat yakni al-Habib Husein bin Muhammad Alaydrus dr kota Madinah al-Munawarah, al-Habib Muhammad Haidar bin Dhiya’ Alaydrus dari kota Surabaya dan al-Habib Muhammad bin Abu Bakar Asseggaf dari Jombang Jawa Timur akan mengisi acara Haul Jama’ dan Ziarah Akbar al-Maghfurlah al-Habib Hasan bin Husin bin Hasan Banahsan, al-Maghfurlah al-Habib Husin bin Muhammad al-Haddad dan al-Maghfurlah al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Alaydrus yg akan dilaksanakan dilapangan sepak bola Muhammad Zainuddin di Kelurahan Tuan – Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat pada hari Ahad 20 Maret 2022 bertepatan 17 Sya’ban 1443 H.

Acara diawali Ziarah Agung makam tiga Ulama pada hari Sabtu 16 Sya’ban 1443 H atau Sabtu 19 Maret 2022 mulai pukul 14.00 hingga selesai bertempat di pemakaman Alawiyin Rt. 01/Rw. 01 dan Pemakaman Alawiyin Rt. 08/Rw. 02 Kelurahan Tuan – Tuan Kec. Benua Kayong Kab. Ketapang Kalimantan Barat.

Bacaan Lainnya

Menurut penjelasan Panitia Haul Jama’ dan Ziarah Agung Migdad Alwi Algadri, S.Th.I., M.Pd berdasarkan biografi yang diambil dari dua referensi ilmiah yakni catatan al-Habib Muhammad bin Husin bin Muhammad al-Haddad dan buku sejarawan Belanda Herman Von Dewall menerangkan rangkaian singkat perjalanan dari para leluhur yang akan digelar pada Haul Jama’.

“Al-Habib Hasan bin Husin bin Hasan Banahsan adalah Ulama yang datang dari negeri Sarawak Malaysia sekitar 200 tahun yang lampau dan pernah menjadi tokoh ulama dikalangan masyarakat di Kampoeng Tanah Moelja Nieuw Brussel (Succadana) tempo dulu. Al-Habib Hasan bin Husin bin Hasan Banahsan bersama anggota keluarganya hijrah menuju Tanah Matan membuka Kampoeng Sajjid (Kampung Sayid) yang kemudian hari berubah menjadi Kampung Tuan – Tuan yang berdekatan dengan Keraton Kerajaan Matan Tanjung Pura sampai akhir hayatnya,” jelas Migdad Alwi Algadri, Sabtu (19/3/2022).

Ia menambahkan bahwa al-Habib Husin bin Muhammad al-Haddad adalah Ulama yang datang dari tanah Palembang tepatnya dari Kampung al-Haddad 14 Ulu Palembang sekitar 150 tahun yang lampau dan pernah menjadi tokoh dikalangan masyarakat Kampoeng Sajjid (sekarang Kampung Tuan – Tuan) dan dimakamkan di pesisir pantai Bintang Musir Kelurahan Tuan – Tuan.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan Husin Idham Banahsan menjelaskan acara Haul Jama’ dan Ziarah Akbar dibuka secara umum dan sesuai rencana juga hadir Sulthan Pontianak ke IX yakni Sulthan Syarif Mahmud Melvin bin Sultan Syarif Abu Bakar Al-Qadri, SH dari kota Pontianak dan dihadiri Forkopimda serta DPRD Ketapang.

” Acara Haul Jama’ dan Ziarah Akbar yang dilaksanakan dimasa Pandemi ini diharapkan kepada para hadirin dan jamaah yang bergabung tentunya tetap menggunakan protocol kesehatan,” ungkap Ketua Panitia Haul Husin Idham Banahsan.

Panitia mengatur tata letak jaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan tiga ribu masker yang akan dibagikan kepada para hadirin dan muhibbin haul.

(wan)

(Visited 594 times, 1 visits today)

Pos terkait