Ratusan Peserta Ikuti Lomba Lari 5 Dan 10 Kilometer Dispora Ketapang

Delikcom.com, Ketapang – Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar lomba lari 5 Kilometer dan 10 Kilometer yang diikuti ratusan peserta baik dari kategori umum dan juga pelajar, Minggu (12/6/2022). Kegiatan dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP, M.Si yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan kalau dirinya menyambut baik kegiatan lomba lari yang diselenggerakan Dispora.

“Selain sebagai wadah olahraga lari, lomba ini juga menjadi ajang silaturahmi antar sesama masyarakat,” katanya, Minggu pagi.

Alex juga mengapresiasi panitia penyelenggara yang menurutnya sudah menggelar kegiatan dengan maksimal sehingga menarik antusias luar biasa bagi masyarakat.

“Bahkan peserta lomba lari ini tidak hanya dari warga Ketapang melainkan ada juga dari Kota Pontianak, Kuburaya, Sanggau, Kayong Utara hingga Mempawah, hal ini menunjukkan kalau melalui olahraga kita dapat sekaligus memperkenalkan daerah ke masyarakat luar Ketapang,” akunya.

Untuk itu, Alex berharap ke depan akan banyak event-event olahraga yang digelar selain menjadi wadah menguji kemampuan atlet juga sebagai wadah promosi daerah sehingga Ketapang semakin dikenal.

“Saya mengajak kita semua untuk merawat dan menjaga Ketapang salah satunya dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan sehingga masyarakat luar yang datang ke Ketapang melihat Ketapang bersih dan nyaman,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Ketapang dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh panitia baik dari Dispora Ketapang, PASI hingga pihak terkait yang turut membantu suksesnya kegiatan lomba lari 5 dan 10 K ini.

“Dengan suksesnya lomba lari ini tentu menjadi modal penting bagi kita dalam membangun opini bahwa melalui semangat olahraga kita dapat menciptakan pemuda yang berpotensi dan berprestasi demi Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” katanya.

Dia melanjutkan, perlombaan ini memiliki nilai yang sangat penting terutama dari segei manajemen pembinaan prestasi terhadap atlet-atlet atletik yang berpotensi di Ketapang. Lantaran lomba bisa menjadi ajang mengasah kemampuan dan ajang mengetes hasil dari latihan selama ini.

“Ini juga menjadi ajang pemanasan menjelang Porprov tahun 2022 yang direncanakan akan digelar pada November di Pontianak,” akunya.

Diapun berharap melalui lomba ini akan muncul atlet-atlet terbaik sebagaimana yang diketahui dahulu Ketapang memiliki atlet atletik bernama Martabek yang mengharumkan nama Ketapang ditingkat Nasional dan bahkan mewakili Indonesia di Pesta Olahraga Asia Tenggara atau Sea Games.

“Semoga melalui lomba ini muncul martabek-martebek yang dapat memberikan kejutan berupa prestasi, untuk itu, kita berharap kegiatan olahraga lari ini dapat berkelanjutan digelar sehingga dapat menjadi agenda rutin di Kabupaten Ketapang,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Ketapang, Drs, Satuki, M.Si mengatakan kalau kegiatan lomba lari 5 K dan 10 K diikuti ratusan pelajar dan masyarakat umum.

“Untuk kategori umum putra total pesertanya 333 orang, kategori umum putri ada 110 orang, kategori pelajar putra 345 orang dan pelajar putri 97 orang,” katanya.

Satuki melanjutkan, ratusan peserta tidak hanya berasal dari Kabupaten Ketapang melainkan ada yang jauh-jauh datang khusus untuk mengikuti lomba lari yang memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah.

“Dari Kayong Utara, Kuburaya, Pontianak, Mempawah dan bahkan Sanggau juga ada ikut lomba lari ini,” akunya.

Ke depan diakuinya kalau pihaknya akan terus menggelar berbagai kegiatan olahraga bekerjasama dengan berbagai pihak terkait selain sebagai wadah mengasah kemampuan para atlet juga sebagai wadah promosi daerah khususnya untuk event-event yang terbuka untuk umum.

“Dalam waktu dekat kita ada bekerjasama dengan Polres Ketapang yakni lomba volly Kapolres Cup dan nantinya ada even Jurnalis Cup Futsal oleh rekan-rekan AJK memperebutkan Piala Kajari Ketapang,” tuturnya.

(wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 39 times, 1 visits today)

Pos terkait