Rumor Kapal Cepat Tujuan Kendawangan-Semarang Akan Beroperasi, Ini Penjelasan Syahbandar Pelabuhan Kendawangan

H. Hismunanda, SH, Petugas Kesyahbandaran Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Klas III Kendawangan.

Delikcom.com, Kendawangan – Beredar dilaman Facebook unggahan video berdurasi 2.51 menit yang menceritakan keadaan kapal dan fasilitas penunjang untuk melayani rute pelayaran dari Kendawangan ke Semarang atau sebaliknya.

Menanggapi video yang sempat viral tersebut akhirnya pihak Kesyahbandaran Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Klas III Kendawangan angkat bicara dan memberikan kalrifikasi atau penjelasan terkait akan beroperasinya kapal cepat penumpang tujuan Kendawangan – Semarang atau sebaliknya.

Kepala Kantor KUPP Klas III Kendawangan Syarif Bustaman S.Sos, MM. melalu H.Hismunanda SH petugas Kesyahbandaran KUPP Klas III Kendawangan saat ditemui awak media ini diruang kerjanya, Selasa (14/6/2022) menjelaskan bahwa sebelumnya kami sudah mendengar dan mengetahui hal tersebut dari media sosial FB dan bahkan saking antusiasnya warga banyak bertanya tentang kebenaran dan kepastian berita itu.

” Sejauh ini pihak owner kapal yang dimaksud belum pernah melakukan koordinasi dan pemberitahuan secara resmi kepada pihak Kesyahbandaran Kendawangan terkait akan beroperasinya kapal cepat penumpang tujuan Kendawangan – Semarang,” kata Hismunanda.

Ditambahkannya,” untuk pengoperasian kapal cepat yang bermuatan penumpang atau orang penting sekali memperhatikan keselamatan dan keamanan pelayaran untuk itu perlu beberapa kajian baik secara teknis, kelayakan kapal maupun perizinan mengingat alur tempuh perjalanan kapal menyeberangi laut Jawa yang tinggi gelombangnya bisa mencapai empat meter dan sangat berisiko apabila kapal itu tidak memenuhi persyaratan dan kelayakan, ini menyangkut nyawa orang banyak,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Hismunanda bahwa isu pemberitaan lewat medsos tentang kapal penumpang Kendawangan – Semarang jangan terlalu ditanggapi serius karena syarat kapal penumpang lintas laut Jawa harus benar-benar teruji dan memenuhi standarisasi pelayaran dan sudah mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan Laut.

” Warga diminta sabar mudah mudahan ada kapal penumpang untuk tujuan Kendawangan – Semarang yang memenuhi syarat masuk dan beroperasi di pelabuhan Kendawangan” harapannya.

“Kami selaku petugas Kesyahbandaran Pelabuhan Kendawangan akan siap membantu dan melayani calon penumpang untuk mendapatkan moda transportasi laut dan sebagai pertimbangan bahwa fasilitas penunjang pelabuhan seperti tempat sandar kapal, terminal penumpang, gudang dan navigasi serta alur sungai sudah siap dan mendukung kapal penumpang masuk ke pelabuhan Kendawangan,” tutupnya.

( Fendi’s )

(Visited 3,609 times, 1 visits today)

Pos terkait