Sekda Dukung Pelestarian Kegiatan Adat

Delikcom.com, Ketapang – Masyarakat adat Dayak Kecamatan Nanga Tayap menggelar acara adat Sapat Tohon (Nyapat Tahun) Kayong Sekayok di Rumah Adat Sekembar, Desa Kayong Tuhe, Minggu (12/6/2022).

Acara tersebut turut dihadiri Sekda Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo. Kegiatan Nyapat Tohon tersebut dipusatkan di Sekembar.

Bacaan Lainnya

Tak hanya melibatkan satu desa saja, kegiatan adat ini juga mengikut sertakan desa lain, termasuk diantaranya desa di wilayah Kayong Sekayok, yakni Kayong Hulu, Kayong Tuhe, Kayong Utara, Tajok Kayong dan dan Desa Betenung.

Menurut Sekda Alexander Wilyo, Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang sangat mendukung dilaksanakannya acara-acara adat seperti tradisi ritual Sapat Tohon oleh masyarakat Adat Kayong Sekayok ini.

“Harapan saya mulai tahun depan, acara adat Nyapat Tohon di Kecamatan Nanga Tayap bisa dilaksanakan atau dipusatkan di satu titik dan dapat dilakukan secara bergiliran setiap desa sebagai tuan rumah di setiap tahunnya,” ujar pria yang juga merupakan Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik itu, bergelar Raden Cendaga Pintu Bumi Jaga Banua.

Menurut Alex, tak hanya sebagai warisan secara turun temurun, acara adat Nyapat Tohon ini juga menjadi cara masyarakat adat dalam menghidupkan nilai-nilai positif dari tradisi dan nilai-nilai luhur adat budaya itu sendiri sebagai warisan para leluhur kita yang harus kita jaga dan dilestarikan oleh kita sebagai generasi penerus hingga ke anak cucu kita.

Sekda Ketapang Alexander Wilyo juga menyampaikan bahwa acara adat ini direncanakan akan difasilitasi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ketapang pada Tahun Anggaran mendatang, sebagai wujud dukungan Pemda terhadap pelestarian tradisi dan budaya daerah.

“Kita sangat mendukung kegiatan adat budaya, maka dari itu saya berharap tahun depan acara adat ini kita laksanakan kembali dengan lebih meriah dan lebih besar lagi dan mudah-mudahan nanti juga dapar didukung atau difasilitas oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui APBD,” ucapnya.

Saat menghadiri acara adat tersebut, Alexander Wilyo turut didampingi Asisten 3, yang juga Ketua DAD Kabupaten Ketapang, Kadis Tanakbun, Kadis Dukcapil, Kaban Kesbangpol, Sekdis Kominfo, Kabid PMD, BPKAD, Prokopim, Camat Nanga Tayap.

(wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 20 times, 1 visits today)

Pos terkait