Genjot Pemekaran Wilayah Kabupaten JKR, TP3D Ketapang Adakan Sosialisasi Publik E-learning DOB JKR

Sosialisasi Publik E-learning bertempat di gedung Pertemuan Kegiatan Guru (PKG) Kecamatan Kendawangan.

Delikcom.com, Ketapang – Dalam rangka upaya percepatan pemekaran wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) calon Kabupaten Jelai Kendawangan Raya (JKR) pada Selasa (21/6/2022), Tim Pertimbangan Percepatan dan Pembangunan Daerah (TP3D) Kabupaten Ketapang mengadakan Sosialisasi Publik E-learning bertempat di gedung Pertemuan Kegiatan Guru (PKG) Kecamatan Kendawangan.

Dalam acara tersebut dihadiri selain Tim dari TP3D Ketapang, Forkopimcam Kendawangan juga hadir para Kades beserta BPD serta seluruh elemen dan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan yang ada di Kecamatan Kendawangan.

Bacaan Lainnya

Ir. H.Gusti Kamboja M.H Ketua Tim TP3D Ketapang dalam sambutannya mengatakan bahwa Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari rencana pemekaran wilayah DOB Jelai Kendawangan Raya serta melengkapi dokumen dukungan dari Kepala Desa dan Ketua BPD sesuai amanah Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

” Dukungan dan peran serta Kepala Desa beserta Ketua BPD sangat penting sebagai syarat administrasi dalam rangka pemekaran wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) sesuai yang diamanahkan Undang undang no 23 tahun 2014 ” kata H Gusti Kamboja.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, ” kalau aturan lama cukup dukungan dari Bupati dan DPRD saja, kalau sekarang Undang undang baru mengamanahkan Kades dan Ketua BPD ikut dilibatkan karena merupakan implementasi dari suara masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Drs Anwar MM. Kabag Tapem Kabupaten Ketapang atas nama Bupati Ketapang sekaligus membuka acara Sosialisasi ini mengatakan perlu dukungan dari segenap elemen masyarakat terkait Pemekaran wilayah DOB Jelai Kendawangan Raya.

” Penataan daerah adalah upaya mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat, memperkuat daya saing daerah dan menjaga integritas NKRI. Diketahui bersama bahwa luas Kabupaten Ketapang terluas se Kalbar dengan luas lebih dari 31.000 Km atau 21 persen luas seluruh Kalbar, dengan demikian dimungkinkan bisa pemekaran wilayah DOB menjadi tiga wilayah pemekaran Kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Jelai Kendawangan Raya atau JKR,” tutupnya.

Selanjutnya Sosialisasi diisi dengan diskusi publik dan tanya jawab antara TP3D dengan peserta sosialisasi dan ditutup dengan penandatanganan dan deklarasi dukungan pemekaran wilayah Kabupaten Jelai Kendawangan Raya (JKR) oleh Kades dan Ketua BPD Desa seluruh Kecamatan Kendawangan yang dipimpin langsung oleh camat Kendawangan Ediyanto S.Sos MM.

(Fendi, S)

Happy
Happy
75 %
Sad
Sad
25 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 206 times, 1 visits today)

Pos terkait