PT.BGA Bentuk KTPA Dan DBA, Bersamaan Rapat Sosialisasi Karhutla

Delikcom.com, Kendawangan – Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Bumitama Gunajaya Agro (PT.BGA) Wilayah VI Metro Kendawangan pada Rabu (29/6/2022) menggelar rapat sosialisasi dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang setiap saat bisa mengancam, juga dalam acara tersebut sekaligus diadakan pembentukan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) dan Desa Bebas Api (DBA) bertempat di aula Kantor Camat Kendawangan.

Dalam rapat tersebut selain dihadiri unsur Forkopimcam Kendawangan seperti Camat Eldiyanto S.Sos, M.M, Kapolsek Kendawangan IPTU Ananda Gunawan S.Tr.K. M.A.P, Danramil 1203-03/Kdw Kapt. Infanteri Mardianus dan perwakilan Pos AL Kendawangan juga hadir pula Tim Manggala Agni Daops Ketapang yang juga sebagai narasumber serta tiga Kepala Desa bersama timnya, yaitu Kades Banjarsari, Kades Kendawangan Kiri dan Kades Mekar Utama.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara Sosialisasi ini Camat Kendawangan Eldiyanto mengatakan sangat apresiasi terhadap PT.BGA yang telah menggelar acara sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla sekaligus pembentukan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) dan Desa Bebas Api (DBA).

” Dengan dibentuknya KTPA dan DBA ini diharapkan saling kerjasama antara perusahaan dengan masyarakat dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Karhutla yang selalu mengintai setiap saat sehingga kita bisa meminimalisir dampak dari Karhutla,” ungkapnya.

Heriyansah Kepala Pondok Kerja Wilayah Kendawangan Manggala Agni Daops Ketapang dalam paparannya juga mengatakan bahwa Kecamatan Kendawangan adalah penyumbang hot spot terbanyak untuk itu kita harus sigap dan antisipasi sedini mungkin akan bahaya Karhutla.

” Pembentukan KTPA dan DBA sangat penting sekali sebagai tindakan preventif atau pencegahan Karhutla disamping itu kesadaran masyarakat dalam upaya ikut mencegah dengan cara tidak membakar lahan sembarangan,” imbuhnya.

Sementara itu Syahroni Dept CSR PT.BGA mengatakan bahwa ” pembentukan KTPA atau Kelompok Tani Peduli Api mempunyai sasaran sebagai kelompok masyarakat petani yang dibentuk untuk peduli kepada prilaku atau kebiasaan petani yang biasa membuka lahan dengan dibakar jadi mereka sebagai kelompok pencegahan dan penanggulangan kebakaran secara dini dan DBA atau Desa Bebas Api adalah komitmen desa atau Kepala Desa yang bertanggung jawab apabila ada kebakaran dilahan sehingga dia juga sebagai komando bagi KTPAnya,” pungkasnya.

” Dan selanjutnya setelah kedua kelompok tersebut di SK kan Kepala Desa serta diketahui Camat maka tugas perusahaan memfasilitasi serta mendukung secara finansial tugas tugas tersebut,” sambungnya.

Selanjutnya acara sosialisasi dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Forkopimcam Kendawangan dan Kepala Desa di tiga desa dan ditutup dengan penyerahan secara simbolis pinjam pakai peralatan pemadam kebakaran atau Damkar.

( Fendi’s/Adv )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 124 times, 1 visits today)

Pos terkait