548 Napi Lapas Ketapang Dapat Remisi

Delikcom.com, Ketapang – Sebanyak 548 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ketapang mendapat remisi hari kemerdekaan, Rabu (17/8/2022). 14 diantaranya dinyatakan bebas setelah mendapatkan remisi.

Penyerahan berkas remisi dilakukan Lapas Kelas II B secara simbolis kepada warga binaan yang dilakukan oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Bacaan Lainnya

Saat dikonfirmasi, Kalapas Ketapang, Ali Imran, mengatakan remisi yang diberikan lantaran para warga binaan memenuhi syarat diantaranya berkelakuan baik selama dalam masa tahanan.

“Untuk syarat penerimaan remisi warga binaan kasus pidana umum dan narkotika tidak ada syarat khusus, terkecuali kasus korupsi yang terpidana harus membayar denda dulu sesuai putusannya,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa, untuk pemberian remisi berdasarkan hasil penilaian dari satu tim yang dibentuk khusus. Yang mana pemberian remisi bervariasi mulai dari 1 bulan hingga maksimal 6 bulan.

“Dari 949 warga binaan di Lapas, hanya 548 orang yang memperoleh remisi. Diantaranya, 310 kasus pidana umum dan 243 PP 99 atau pidana narkotika yang terdiri dari 536 Laki-laki dan 17 orang Perempuan serta 1 orang terpidana anak,” terangnya.

“Dari 548 orang warga binaan yang mendapatkan remisi, ada 14 orang yang langsung bebas,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ketapang, Farhan berharap warga binaan yang telah mendapatkan remisi, bertekad menjaga perilaku, sehingga tetap mendapat remisi di kesempatan lain dan hingga keluar dari Lapas.

“Saya berharap remisi ini menjadikan perubahan sikap dan prilaku yang telah lalu, agar menjadi perbaikan dan jangan sampai mengulangi perbuatan atau melanggar tindak pidana kembali,” tukasnya.

(Wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 20 times, 1 visits today)

Pos terkait