Pemasangan PLTS Merupakan Bagian Dari Komitmen ESG CMI Dalam Pencapaian Sustainable Development Goal

Delikcom.com, Ketapang – PT Cita Mineral Investindo Tbk, bagian dari Harita Group yang bergerak dibidang Pertambangan sebagai produsen bauksit dan alumina terbesar di Indonesia. Hadir dengan pengolahan tambang profesional yang mengedepankan Keselamatan Kerja dan Tanggung Jawab terhadap aspek lingkungan dan masyarakat (sosial).

Cita Mineral Investindo atau yang lebih dikenal dengan CMI, sebagai entitas publik memiliki komitmen dalam menerapkan aspek bisnis yang lestari dan berkelanjutan, dengan mengedepankan keseimbangan praktik operasional dengan kinerja Lingkungan, Sosial dan Tatakelola Perusahaan yang baik. Penggunaan energi ramah lingkungan dengan menggunakan panel surya menjadi salah satu langkah yang dilakukan oleh CMI.

Bacaan Lainnya

CMI telah menggunakan energi terbarukan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Off Grid System dengan kapasitas 19,1 KWp di Wilayah Operasi Air Upas dan kapasitas 34 KWp di Wilayah Operasi Sandai, dengan total energi listrik yang dihasilkan sebesar 56.762 Kwh per tahun dan diharapkan PLTS dapat bekerja sampai dengan 20 tahun kedepan.

Seiring dengan perkembangan teknologi terapan listrik tenaga surya, efisiensi energi dan komitmen CMI terhadap lingkungan, sebagaimana yang telah dinyatakan pada kebijakan ESG. Setiap tahapan kegiatan operasional dilakukan dengan pertimbangan untuk perlindungan lingkungan. Semua kegiatan dalam memastikan warisan lingkungan CMI harus dilakukan dengan sangat baik.

“Pemasangan PLTS ini merupakan bagian dari komitmen ESG Cita Mineral Investindo dalam pencapaian Sustainable Development Goal (SGD’s), khususnya point 7 tentang Energi Bersih & Terjangkau, serta point
13 tentang Penanganan Perubahan Iklim.” ujar Boni Subekti, Senior GM Operation.

Selain itu, Boni menambahkan “saya optimis kedepannya CMI dapat lebih mengimplementasikan percepatan transisi energi dan mendukung target pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission” cetusnya.

Selain sebagai alternatif sumber energi terbaharukan, PLTS ini bertujuan untuk mengurangi emisi karbon sebanyak 74,4 Ton CO2e/ tahun. Ini merupakan tahap awal CMI untuk transisikan energi menjadi energi
terbarukan secara bertahap dan pasti.

CMI menjawab tantangan ketersediaan energi dan lingkungan, terutama kelistrikan di masa datang, dimana energi berbasis fosil makin mahal dan menipis cadangannya. CMI melakukan kajian dan
memformulasikan solusi atas tantangan tersebut, dengan mengaplikasikan solusi untuk pemanfaatan energi yang efisien dan ramah lingkungan yaitu dengan memanfaatkan energi matahari yang merupakan energi terbarukan dan tersedia di seluruh wilayah Indonesia sepanjang tahun.

(Wan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
(Visited 58 times, 1 visits today)

Pos terkait