Ratusan Rumah Warga Di Desa Kelampai Manis Mata Terendam Banjir

Kondisi banjir di Desa Kelampai kecamatan Manis Mata

Delikcom.com, Manis Mata – Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, warga Desa Kelampai kecamatan Manis Mata kabupaten Ketapang dikejutkan dengan datangnya banjir dadakan yang merendam sebagian besar rumah warga.

Dampak dari banjir tersebut diperkirakan ada ratusan rumah warga yang terendam sehingga aktivitas keseharian warga menjadi lumpuh total dan warga kembali didirikan dengan memodifikasi atau meninggikan sebagian lantai rumahnya masing-masing.

Bacaan Lainnya

Satu diantara warga Desa Kelampai, Al Imran menjelaskan banjir yang melanda ini merupakan yang kesekian kalinya dimana sebelumnya sudah pernah banjir juga dan sudah surut.

” Belum diketahui pasti jumlah rumah yang terendam banjir, namun diperkirakan lebih dari 100 rumah yang terendam banjir. Sampai saat ini kondisi debit air terus menambah. Sementara warga yang rumahnya terendam banjir harus membuat alternatif pengungsian, diantaranya melakukan modifikasi rumah dengan cara meninggikan sebagian lantai rumah mereka” jelas Imran, Minggu (9/10/2022).

Kapolsek Manis Mata Polres Ketapang, IPTU Adi Sudirman sedang memberikan bantuan kepada warga Desa Kelampai

Imran menambahkan, Sepanjang bulan September sampai awal Oktober 2022 ini, desa Kelampai sudah beberapa kali direndam banjir yang sangat dahsyat.

” Sementara satupun pemerintah belum sempat menyalurkan bantuannya, sedangkan masyarakat sangat membutuhkan bantuan berupa sembako, bantuan kesehatan, dan sebagainya. Dampak dari banjir ini warga tidak bisa melaksanakan kegiatan keseharian, sehingga aktivitas perekonomian, pendidikan dan lainnya sangat memprihatinkan,” tutur Imran.

Dirinya berharap kepada pihak pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk betul-betul serius menangani dan menanggulangi bencana banjir seperti sekarang ini.

” Harapannya pemerintah harus betul-betul serius menangani dan menanggulangi banjir ini, sebab banjir ini terjadi di desa yang pelosok, yang jauh dari jangkauan dan sulit diakses,” harapnya.

Sementara itu Kapolsek Manis Mata, IPTU Adi Sudirman, KS yang turun meninjau langsung dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Desa Kelampai.

” Kami menghimbau kepada warga yang terpapar agar selalu waspada dan mengantisipasi akan segala sesuatu yang sama-sama tidak kita inginkan,” ungkap Kapolsek.

(Wan)

(Visited 349 times, 1 visits today)

Pos terkait